Jumat, 01 Maret 2019

SILABUS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM


INSTITUT STUDI ISLAM FAHMINA (ISIF)
FAKULTAS TARBIYAH PRODI PAI
KELAS ARJAWINANGUN SEMESTER IV (EMPAT)
TAHUN 2018/2019

 

SILABUS
FILSAFAT PENDIDIKAN

A.    IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah                        :     Filsafat Pendidikan Islam
SKS/SMT                                      :     2/IV
Kode Mata Kuliah                        :     MKK.FT.
Fakultas / Program                        :     Tarbiyah /PAI
Jam                                                :     15.30-17.00
Dosen                                            :     Imam Sibaweh, M.Pd

B.     TUJUAN PERKULIAHAN

Mahasiswa dapat memahami mata kuliah ini agar dapat mempelajari pemikiran manusia yang dapat dipelajari dalam empat golongan, yaitu: (1) pemikiran pseudo alamiah, (2) pemikiran awam, (3) pemikiran ilmiah, dan pemikiran filosofis. Sehingga mahasiswa dapat memhami pengetahuan bagaimana hakikatnya yang dapat dicapai oleh akal manusia dan bagaimana sikap manusia seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

C.    DESKRIPSI ISI

 Filsafat ialah daya upaya manusia dengan akal budinya untuk memahami, mendalami, dan menyelami secara radikal dan integral serta sistematis mengenal ketuhanan, alam semesta dan manusia. Hakikatnya adalah menggunakan ratio, namun tidak semua berpikir itu disebut filsafat. Filsafat pendidikan Islam membangun kepribadian muslism yang taat kepada Tuhan yang mengarahkan manusia pada nilai-nilai Islam dalam kehidupan.

D.    PENDEKATAN PEMBELAJARAN

1. Pendekatan       :  Ekspositori dan Inkuiri.
2. Metode              :  Ceramah, Presentasi Acak, Tanya Jawab, Pemecahan Masalah, dan Sosiometri. 
3. Tugas                 :  Book Report, Laporan Bab, dan Peta Konsep.
4. Media                :  Infocus, OHP, LCD, Internet, Powerpoint, dll.

E.     EVALUASI

Nilai Akhir (NA) mahasiswa pada mata kuliah ini didasarkan atas aspek-aspek : 
1.    Kehadiran di kelas (kehadiran minimal 75 % atau 12 kali pertemuan sebagai syarat dapat mengikuti UAS)
2.    Aktifitas dan partisipasi di kelas/N1 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
3.    Tugas Individual/Tugas Mandiri (Book Report, Laporan Bab, dan Peta Konsep)/N2 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
4.    Tugas Terstruktur/Tugas Kelompok/N3 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
5.    Ujian Tengah Semester (UTS)/N4 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
6.    Ujian Akhir Semester (UAS)/N5 (Bobot 2, nilai maksimum 100)
7.    Dengan kriteria prosentase sebagai berikut :
A.  Standar Penilaian
Nilai Akhir (NA) diperoleh dari akumulasi nilai setiap aspek sesuai dengan nilai dan bobotnya, kemudian dibagi enam. Sehingga secara sederhana perhitungannya dapat dirumuskan  sebagai berikut :
             N1.1 + N2.1  + N3.1  + N4.1+N5.2
NA =                            6                            = ……….

Nilai Akhir berkisar dalam rentang angka 0 s.d. 100. Angka-angka tersebut kemudian dikonversikan ke dalam bentuk nilai A, B, C, D, atau E, dengan ketentuan sebagai berikut.                         
Indeks
Nilai
A
78 – 100
B
68 – 77
C
58 – 67
D
48 – 57
E
0 – 47

Dalam kasus tertentu konversi nilai bisa dilakukan dengan melihat rentang nilai tertinggi dan terendah yang diperoleh dalam suatu kelas.
Standar minimal kelulusan mata kuliah pendidikan multikultural ini adalah nilai B.
B.  Konversi Penilaian
Kemudian dikonversikan lagi, kedalam penilaian prosentasi:
Keaktifan /Partisipasi perkuliahan         : 5 %
Nilai tugas terstruktur                            : 15 %
Tugas mandiri                                        : 15 %
Nilai Ujian tengah semester                   : 25 %
Nilai Ujian akhir semester                     : 40 %

F.     RINCIAN MATERI PERKULIAHAN

Pertemuan 1
:
Pengantar Perkuliahan
Pertemuan 2
:
Perenungan Kefilsafatan
Pertemuan 3
:
Metode Kefilsfatan
Pertemuan 4
:
Latar Belakang Munculnya Filsafat Pendidikan
Pertemuan 5
:
Aliran Filsafat Pendidikan Modern ditinjau dari Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi
Pertemuan 6
:
Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
Pertemuan 7
:
Kedudukan Manusia dalam Alam Semesta
Pertemuan 8
:
UTS
Pertemuan 9
:
Hakikat Tujuan Pendidikan
Pertemuan 10
:
Hakikat Peserta Didik
Pertemuan 11
:
Hakikat Kurikulum
Pertemuan 12
:
Hakikat Metode Pendidikan
Pertemuan 13
:
Hakikat Evaluasi Pendidikan
Pertemuan 14
:
Pendidikan Islam dalam Pemikiran Para Ahli
Pertemuan 15
:
Konsep Pendidikan Islam menurut Al Ghazali dan Ibnu Khaldun
Pertemuan 16
:
UAS
G.      Bahan Ajar
Utama:
Ihsan, Hamdani dan Ihsan Fuad. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Jalaludin dan Idi, Abdullah. (2007). Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media Group.
Kattsof, Louis O. (2004). Pengantar Filsafat. Alih Bahasa Soejono Soemargono. Yogyakarta:Tiara Wacana Yogya

Penunjang
Hermawan, Heris A. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI


H.      KETENTUAN PERKULIAHAN
Tugas tertsruktur (kelompok), yaitu:
1.    Mahasiswa dibagi kelompok (Tulis Pertemuan)
2.    Merangkum dari buku sumber dan menganalisisnya/menjabarkannya dari pikiran mahasiswa dilarang dari internet (tidak akan dinilai) tidak perlu dibuat makalah.
3.    Dilarang copy paste (tidak akan dinilai)

Tugas mandiri, yaitu:
1.      Tulis Judul pada Pertemuan berapa
2.      Setiap mahasiswa memilih judul di atas kemudian dijabarkan berdasarkan pemahaman mahasiswa tidak perlu dibuat makalah.
3.      Dilarang dari internet atau nyontek karena tidak akan dinilai
4.      Dilarang copy paste





Tidak ada komentar:

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Administrasi dan Supervisi Pendidikan