INSTITUT
STUDI ISLAM FAHMINA (ISIF)
FAKULTAS
TARBIYAH PRODI PAI
KELAS
ARJAWINANGUN SEMESTER IV (EMPAT)
TAHUN
2018/2019

SILABUS
FILSAFAT PENDIDIKAN
A. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan Islam
SKS/SMT :
2/IV
Kode Mata Kuliah :
MKK.FT.
Fakultas / Program :
Tarbiyah /PAI
Jam :
15.30-17.00
Dosen : Imam Sibaweh, M.Pd
B. TUJUAN PERKULIAHAN
Mahasiswa dapat memahami mata kuliah ini agar dapat mempelajari pemikiran manusia yang dapat dipelajari dalam empat golongan, yaitu: (1) pemikiran pseudo alamiah, (2) pemikiran awam, (3) pemikiran ilmiah, dan pemikiran filosofis. Sehingga mahasiswa dapat memhami pengetahuan bagaimana hakikatnya yang dapat dicapai oleh akal manusia dan bagaimana sikap manusia seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
C. DESKRIPSI ISI
Filsafat ialah daya upaya manusia dengan akal budinya untuk
memahami, mendalami, dan menyelami secara radikal dan integral serta sistematis
mengenal ketuhanan, alam semesta dan manusia. Hakikatnya adalah menggunakan
ratio, namun tidak semua berpikir itu disebut filsafat. Filsafat pendidikan
Islam membangun kepribadian muslism yang taat kepada Tuhan yang mengarahkan
manusia pada nilai-nilai Islam dalam kehidupan.
D. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Ekspositori dan Inkuiri.
2. Metode : Ceramah, Presentasi Acak, Tanya Jawab,
Pemecahan Masalah, dan Sosiometri.
3. Tugas : Book Report, Laporan Bab, dan Peta Konsep.
4. Media : Infocus, OHP, LCD, Internet, Powerpoint, dll.
E. EVALUASI
Nilai Akhir (NA) mahasiswa pada mata kuliah ini didasarkan
atas aspek-aspek :
1.
Kehadiran di kelas
(kehadiran minimal 75 % atau 12 kali pertemuan sebagai syarat dapat mengikuti
UAS)
2.
Aktifitas dan partisipasi di
kelas/N1 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
3.
Tugas Individual/Tugas
Mandiri (Book Report, Laporan Bab, dan Peta Konsep)/N2 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
4.
Tugas Terstruktur/Tugas Kelompok/N3 (Bobot 1, nilai
maksimum 100)
5.
Ujian Tengah Semester
(UTS)/N4 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
6.
Ujian Akhir Semester (UAS)/N5
(Bobot 2, nilai maksimum 100)
7.
Dengan kriteria prosentase sebagai berikut :
A.
Standar
Penilaian
Nilai
Akhir (NA) diperoleh dari akumulasi nilai setiap aspek sesuai dengan nilai dan
bobotnya, kemudian dibagi enam. Sehingga secara sederhana perhitungannya dapat
dirumuskan sebagai berikut :
N1.1 + N2.1 + N3.1
+ N4.1+N5.2
NA
= 6 = ……….
Nilai
Akhir berkisar dalam rentang angka 0 s.d. 100. Angka-angka tersebut kemudian
dikonversikan ke dalam bentuk nilai A, B, C, D, atau E, dengan ketentuan
sebagai berikut.
Indeks
|
Nilai
|
A
|
78
– 100
|
B
|
68
– 77
|
C
|
58
– 67
|
D
|
48
– 57
|
E
|
0
– 47
|
Dalam
kasus tertentu konversi nilai bisa dilakukan dengan melihat rentang nilai
tertinggi dan terendah yang diperoleh dalam suatu kelas.
Standar minimal kelulusan mata kuliah pendidikan
multikultural ini adalah
nilai B.
B.
Konversi
Penilaian
Kemudian
dikonversikan lagi, kedalam penilaian prosentasi:
Keaktifan
/Partisipasi perkuliahan : 5 %
Nilai tugas
terstruktur :
15 %
Tugas mandiri : 15 %
Nilai Ujian
tengah semester :
25 %
Nilai Ujian
akhir semester : 40 %
F. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN
Pertemuan 1
|
:
|
Pengantar Perkuliahan
|
Pertemuan 2
|
:
|
Perenungan
Kefilsafatan
|
Pertemuan 3
|
:
|
Metode Kefilsfatan
|
Pertemuan 4
|
:
|
Latar
Belakang Munculnya Filsafat Pendidikan
|
Pertemuan 5
|
:
|
Aliran Filsafat Pendidikan Modern ditinjau dari Ontologi,
Epistemologi, dan Aksiologi
|
Pertemuan 6
|
:
|
Pengertian
dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
|
Pertemuan 7
|
:
|
Kedudukan Manusia dalam Alam Semesta
|
Pertemuan 8
|
:
|
UTS
|
Pertemuan 9
|
:
|
Hakikat
Tujuan Pendidikan
|
Pertemuan 10
|
:
|
Hakikat
Peserta Didik
|
Pertemuan 11
|
:
|
Hakikat
Kurikulum
|
Pertemuan 12
|
:
|
Hakikat
Metode Pendidikan
|
Pertemuan 13
|
:
|
Hakikat
Evaluasi Pendidikan
|
Pertemuan 14
|
:
|
Pendidikan
Islam dalam Pemikiran Para Ahli
|
Pertemuan 15
|
:
|
Konsep
Pendidikan Islam menurut Al Ghazali dan Ibnu Khaldun
|
Pertemuan 16
|
:
|
UAS
|
G.
Bahan Ajar
Utama:
Ihsan, Hamdani dan Ihsan Fuad. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung:
Pustaka Setia.
Jalaludin dan Idi, Abdullah. (2007). Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan
Pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media Group.
Kattsof, Louis O. (2004). Pengantar Filsafat. Alih Bahasa Soejono
Soemargono. Yogyakarta:Tiara Wacana Yogya
Penunjang
Hermawan, Heris A. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI
H.
KETENTUAN
PERKULIAHAN
Tugas
tertsruktur (kelompok), yaitu:
1. Mahasiswa
dibagi kelompok (Tulis Pertemuan)
2. Merangkum dari buku sumber dan
menganalisisnya/menjabarkannya dari pikiran mahasiswa dilarang dari internet
(tidak akan dinilai) tidak perlu dibuat makalah.
3. Dilarang copy paste (tidak akan dinilai)
Tugas
mandiri, yaitu:
1.
Tulis Judul
pada Pertemuan berapa
2.
Setiap
mahasiswa memilih judul di
atas kemudian dijabarkan berdasarkan pemahaman mahasiswa tidak perlu dibuat
makalah.
3.
Dilarang
dari internet atau nyontek karena tidak akan dinilai
4.
Dilarang copy paste
Tidak ada komentar:
Posting Komentar