Jumat, 01 Maret 2019

SILABUS STATISTIK PENDIDIKAN



INSTITUT STUDI ISLAM FAHMINA (ISIF)
FAKULTAS TARBIYAH PRODI PAI
KELAS ARJAWINANGUN SEMESTER VI (ENAM)
TAHUN 2018/2019

SILABUS
FILSAFAT PENDIDIKAN

A.    IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah                        :     Statistika Pendidikan
SKS/SMT                                      :     2/VI
Kode Mata Kuliah                        :     MKPP.PAI.11
Fakultas / Program                        :     Tarbiyah /PAI
Jam                                                :     12.30-14.00
Dosen                                            :     Imam Sibaweh, M.Pd

B.     TUJUAN PERKULIAHAN

Memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian mandiri, dengan kalkulator dan komputerisasi yang digunakan untuk menganalisis data statistik, dengan pendekatan kuantitatif, terutama statistic deskriptif, uji persyaratan analisis, linieritas, normalitas, homogenitas.

C.    DESKRIPSI ISI

Mata kuliah ini memberikan penjelasan macam dan jenis data lengkap dengan penyajian, populasi dan sampel, pengujian hipotesis penelitian, chi-kuadrat, korelasi spearman rank, korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana, regresi ganda, uji perbandingan satu sampel dan dua sampel, anova satu jalur, dan anova dua jalur.

D.    PENDEKATAN PEMBELAJARAN

1. Pendekatan       :  Ekspositori dan Inkuiri.
2. Metode              :  Ceramah, Presentasi Acak, Tanya Jawab, Pemecahan Masalah, dan Sosiometri. 
3. Tugas                 :  Book Report, Laporan Bab, dan Peta Konsep.
4. Media                :  Infocus, OHP, LCD, Internet, Powerpoint, dll.

E.     EVALUASI

Nilai Akhir (NA) mahasiswa pada mata kuliah ini didasarkan atas aspek-aspek : 
1.    Kehadiran di kelas (kehadiran minimal 75 % atau 12 kali pertemuan sebagai syarat dapat mengikuti UAS)
2.    Aktifitas dan partisipasi di kelas/N1 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
3.    Tugas Individual/Tugas Mandiri (Book Report, Laporan Bab, dan Peta Konsep)/N2 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
4.    Tugas Terstruktur/Tugas Kelompok/N3 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
5.    Ujian Tengah Semester (UTS)/N4 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
6.    Ujian Akhir Semester (UAS)/N5 (Bobot 2, nilai maksimum 100)
7.    Dengan kriteria prosentase sebagai berikut :
A.  Standar Penilaian
Nilai Akhir (NA) diperoleh dari akumulasi nilai setiap aspek sesuai dengan nilai dan bobotnya, kemudian dibagi enam. Sehingga secara sederhana perhitungannya dapat dirumuskan  sebagai berikut :
             N1.1 + N2.1  + N3.1  + N4.1+N5.2
NA =                            6                            = ……….

Nilai Akhir berkisar dalam rentang angka 0 s.d. 100. Angka-angka tersebut kemudian dikonversikan ke dalam bentuk nilai A, B, C, D, atau E, dengan ketentuan sebagai berikut.                         
Indeks
Nilai
A
78 – 100
B
68 – 77
C
58 – 67
D
48 – 57
E
0 – 47

Dalam kasus tertentu konversi nilai bisa dilakukan dengan melihat rentang nilai tertinggi dan terendah yang diperoleh dalam suatu kelas.
Standar minimal kelulusan mata kuliah pendidikan multikultural ini adalah nilai B.
B.  Konversi Penilaian
Kemudian dikonversikan lagi, kedalam penilaian prosentasi:
Keaktifan /Partisipasi perkuliahan         : 5 %
Nilai tugas terstruktur                            : 15 %
Tugas mandiri                                        : 15 %
Nilai Ujian tengah semester                   : 25 %
Nilai Ujian akhir semester                     : 40 %

F.     RINCIAN MATERI PERKULIAHAN

Pertemuan 1
:
Pengantar Perkuliahan
Pertemuan 2
:
Statistic Deskriptif
Pertemuan 3
:
Metodologi Penelitian
Pertemuan 4
:
Skala Pengukuran
Pertemuan 5
:
Teknik Pengumpulan Data
Pertemuan 6
:
Pengujian Validitas dan Reliabilitas
Pertemuan 7
:
Pengujian Persyaratan Analis
Pertemuan 8
:
UTS
Pertemuan 9
:
Teknik Analisis Data
Pertemuan 10
:
Analisis Data
Pertemuan 11
:
Angka Indeks
Pertemuan 12
:
Indeks Musiman dan Gerakan Siklis
Pertemuan 13
:
Fungsi Matematika Dasar dan Distribusi Frekuensi
Pertemuan 14
:
MCA 1
Pertemuan 15
:
MCA 2
Pertemuan 16
:
UAS
G.      Bahan Ajar
Akdon (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.
Rasyad, Rasdihan. (2003). Metode Statistik Deskriptif. Jakarta: Grasindo.
Suwarno, Bambang. (2002). Pengantar Aplikasi Statistika dalam Penelitian Pendidikan. Bandung: SPs UPI

H.      KETENTUAN PERKULIAHAN
Tugas tertsruktur (kelompok), yaitu:
1.    Mahasiswa dibagi kelompok (Tulis Pertemuan)
2.    Merangkum dari buku sumber dan menganalisisnya/menjabarkannya dari pikiran mahasiswa dilarang dari internet (tidak akan dinilai) tidak perlu dibuat makalah.
3.    Dilarang copy paste (tidak akan dinilai)

Tugas mandiri, yaitu:
1.      Tulis Judul pada Pertemuan berapa
2.      Setiap mahasiswa memilih judul di atas kemudian dijabarkan berdasarkan pemahaman mahasiswa tidak perlu dibuat makalah.
3.      Dilarang dari internet atau nyontek karena tidak akan dinilai
4.      Dilarang copy paste




Tidak ada komentar:

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Administrasi dan Supervisi Pendidikan