Rabu, 27 Februari 2019

RPS SPMP MPI B SEMESTER GENAP/IV

RPS
MK Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
Jurusan MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2019
Kelas: MPI B Semester Genap/IV

Dosen:  Imam Sibaweh, M.Pd



IAIN SYEKH NURJATI
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH
Kode
Rumpun MK
Bobot (sks)
Semester
Tanggal Penyusunan
SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

Mata kuliah Umum
2
4
27 Februari 2019
Otoritas
Dosen Pengampu
Gugus Mutu Jurusan
Ketua Jurusan MPI



Imam Sibaweh, M.Pd
NIP.



Dr. Asep Kurniawan, M.Pd
NIP.



Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd
NIP. 19630522 1994031 0003

Capaian Pembelajaran
CPL Prodi
1
Bagi satuan pendidikan, digunakan untuk melaksanakan sistem penjaminan mutu pendidikan dalam pengelolaan berbasis satuan pendidikan
2
Bagi pengelola satuan pendidikan, digunakan dalam mengelola dan membina satuan pendidikan agar mampu menjamin mutu pendidikan.
3
Bagi penerima layanan satuan pendidikan, dapat digunakan dalam memberikan masukan kepada satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu layanan.
4
Bagi pemangku kepentingan lainnya, dapat digunakan dalam mempertimbangkan bentuk kontribusi yang dapat diberikan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
CP-MK
M1
1.       Menerapkan standar nasional pendidikan dalam pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan,
2.       Menerapkan sistem penjaminan mutu internal dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan berkelanjutan.
M2
1.       Mengembangkan kegiatan yang dapat mendorong semua komponen satuan pendidikan terlibat dalam penjaminan mutu pendidikan
2.       Mengembangkan kerjasama antara satuan pendidikan dengan masyarakat dan lembaga/instansi dalam rangka pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan
M3

Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini memberikan gambaran tentang sistem penjaminan mutu pendidikan terutama pada pendidikan dasar dan menengah. Secara nasional, mutu pendidikan dasar dan menengah di Indonesia belum seperti yang diharapkan. Hasil pemetaan mutu pendidikan secara nasional pada tahun 2014 menunjukkan hanya sekitar 16% satuan pendidikan yang memenuhi standar nasional pendidikan (SNP). Sebagian besar satuan pendidikan belum memenuhi SNP, bahkan ada satuan pendidikan yang masih belum memenuhi standar pelayanan minimal (SPM).
Materi /Pokok Bahasan
1.      Pendahuluan
2.      Penjaminan Mutu Pendidikan
3.      Standard an Indikator Mutu
4.      Penetapan Standar
5.      Pemetaan Mutu
6.      Penyusunan Rencana Pemenuhan
7.      Implementasi Pemenuhan Mutu
8.      UTS
9.      Evaluasi/Audit Mutu
10.  Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
11.  Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah
12.  Sistem Penjaminan Mutu Eksternal Pendidikan Dasar dan Menengah
13.  Sistem Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
14.  Sistem Informasi Penjaminan Mutu Pendidikan
15.  Sekolah Berpenampilan Unggul
16.  UAS
Referensi
Utama

1.       Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah (Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah 2016)
2.       Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan (Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah  2017)
Pendukung
1.        Fattah, Nanang. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Konteks Penerapan MBS. Bandung: Rosda Karya
Mg ke-
Sub-CP-MK
Indikator
Kriteria & Bentuk Penilaian
Metode Pembelajaran
Pokok Pembahasan
Bobot penilaian (%)
1
Mahasiswa memahami perkuliahan system penjaminan mutu, mengerti SPMI dan SPME
Kesiapan mahasiswa untuk menjadi narasumber materi setiap pertemuan
Keaktivan mahasiswa
Non Test
Diskusi dan ceramah
Sistem Penjaminan Mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sedangkan SPME dilaksanakan oleh institusi di luar satuan pendidikan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

2
Mahasiswa mengerti acuan utama system penjaminan mutu berdasarkan SNP
Mampu mempresentasikan acuan penjaminan mutu pendidikan berdasarkan SNP
Keaktivan
Non Test
Diskusi dan ceramah
Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

3
Mahasiswa memahami delapan standar
Mampu mempresentasikan delapan standar
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
Standar Kompetensi Lulusan; Standar Isi; Standar Proses; Standar Penilaian; Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Standar Pengelolaan; Standar Sarana dan Prasarana; dan Standar Pembiayaan

4
Mahasiswa memahami standard mutu dalam melaksanakan penjaminan mutu pendidikan
Mahasiswa mampu memprsesntasikan standar mutu penjamian mutu pendidikan
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
memiliki standar mutu sebagai landasan dalam melaksanakan penjaminan mutu pendidikan. Sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, SNP adalah kriteria minimal dalam menyelenggarakan pendidikan. Satuan Pendidikan dapat menetapkan standar di atas SNP apabila penyelenggaraan pendidikan telah memenuhi seluruh kriteria dalam SNP.

5
Mahasiswa memahami memetakan mutu pendidikan
Mampu mempresentasikan pemetaan mutu pendidikan
Keaktiva Mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
memetakan mutu pendidikan pada satuan pendidikan berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan melalui kegiatan evaluasi diri yang menghasilkan peta mutu (capaian standar), masalah yang dihadapi dan rekomendasi;

6
Mahasiswa mampu membuat perencanaan pemenuhan mutu pendidikan berdasarkan hasil pemetaan mutu
Mampu mempresentasikan perencanaan pemenuhan mutu pendidikan berdasarkan pemetaan mutu pendidikan
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
membuat perencanaan pemenuhan mutu berdasarkan hasil pemetaan mutu, dokumen kebijakan pendidikan pada level nasional, daerah dan satuan pendidikan serta rencana strategis pengembangan satuan  pendidikan. Hasil perencanaan dituangkan dalam dokumen perencanaan satuan pendidikan serta rencana aksi kegiatan

7
Mahasiswa memahami pemenuhan mutu dalam pengelolaan satuan pendidikan dan kegiatan proses pembelajaran
Mampu mempresentasikan pemenuhan mutu dalam pengelolaan pendidikan dan kegiatan proses pembalajaran
keaktivan mahasiswa
non test
Diskusi dan ceramah
melaksanakan pemenuhan mutu dalam pengelolaan satuan pendidikan dan kegiatan proses pembelajaran sesuai hasil perencanaan sehingga standar dapat tercapai;

8
UTS

Test tulis
Menggunakan blog



9
Mahasiswa memahami pengendalian terhadap proses pelaksanaan pemenuhan mutu
Mampu mempresentasikan pengendalian terhadap proses pemenuhan mutu
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
melakukan pengendalian terhadap proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan sesuai dengan perencanaan yang disusun untuk menjamin kepastian terjadinya peningkatan mutu yang berkelanjutan

10
Mahasiswa memahami sistem penjaminan mutu secara umum
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem penjaminan mutu secara umum
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
Bab ini berisikan penjelasan tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah secara umum. Pada Bab ini diuraikan pengertian, tujuan, dan fungsi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah ; komponen sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah; siklus sistem penjaminan mutu pendidikan; serta acuan yang digunakan dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Pada bagian ini dibahas juga pembagian tugas dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan serta luaran sebagai hasil dari implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan

11
Mahasiswa memahami sistem penjaminan mutu internal pendidikan dasar dan menengah
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem penjaminan mutu internal pendidikan dasar dan menengah
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
Bab ini menjelaskan tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah. Pada bagian ini dibahas pengertian, prinsip, tujuan dan cakupan, serta siklus sistem penjaminan mutu internal pendidikan dasar dan menengah. Selanjutnya pada Bab ini juga dibahas indikator dan faktor penentu keberhasilan implementasi sistem penjaminan mutu internal di satuan pendidikan dasar dan menengah, serta organisasi dan dokumen yang digunakan dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah.

12
Mahasiswa memahami sistem penjaminan mutu eksternal pada pendidikan dasar dan menengah
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem penjaminan mutu eksternal pada pendidikan dasar dan menengah

Diskusi dan ceramah
Bab ini berisi penjelasan tentang sistem penjaminan mutu eksternal pada pendidikan dasar dan menengah. Pada Bab ini dibahas pengertian, prinsip, tujuan, dan fungsi sistem penjaminan mutu eksternal pada pendidikan dasar dan menengah, siklus penjaminan mutu eksternal, dan pembagian tugas dalam implementasi sistem penjaminan mutu eksternal.

13
Mahasiswa memahami secara lebih mendalam tentang pemetaan mutu pendidikn dasar dan menengah
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan pemetaan mutu lebih konkret pada pendidikan dasar dan menengah
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
Bab 5 berisi penjelasan tentang sistem pemetaan mutu pendidikan sebagai sub-komponen penting penentu keberhasilan sistem penjaminan mutu pendidikan. Pada Bab ini diuraikan tentang pengertian, tujuan, dan mekanisme implementasi sistem pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah. Selain itu Bab ini juga berisi uraian tentang pengembangan peta mutu dan pemanfaatan peta mutu pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah

14
Mahasiswa memahami sistem informasi penjaminan mutu sebagai penunjang  penunjang dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem informasi penjaminan mutu pendidikan sebagai penunjang dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
Bab ini berisi penjelasan tentang sistem informasi penjaminan mutu pendidikan sebagai penunjang dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah, baik internal maupun eksternal. Pada bagian ini diuraikan pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, serta jenis data dan informasi yang ada dalam sistem informasi penjaminan mutu dasar dan menengah. Pada bagian ini dibahas juga kelembagaan sistem informasi penjaminan mutu pendidikan dan tata cara pengumpulan data dan informasi terkait pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah.

15
Mahasiswa memahami kemandirian dan kreativitas pada perbaikan proses pendidikan
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan kemandirian dan kreativitas proses pendidikan
Keaktivan mahasiswa
Non test
Diskusi dan ceramah
Membangun kemandirian dan kreativitas sekolah yang berfokus pada perbaikan proses pendidikan

16
UAS























13 komentar:

Muhammad Misbakhul Munir mengatakan...

Kelompok VII (Evaluasi/Audit Mutu)
1. Muhammad Misbakhul Munir
2. Aqilah
3. Faizin Riski

alifah nour kolifah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
An-nisa salistya mengatakan...

Kelompok IV (Pemetaan Mutu)
1. Rifki Ari Hidayat
2. Fityatun amanah
3. Annisa Salistyaningsih

Qomariyatuzzaman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Siti Amanah mengatakan...

Kelompok 1
1. Hasbiallah Mufid
2. Siti Amanah
3. Dewi Ratna Iswari

Judul: Penjaminan mutu pendidikan

Unknown mengatakan...

Kelompok 3 (penetapan standar)
1. Aida mahdiara
2. Kamel khumaida
3. Zaenab

DenyMF mengatakan...

Kelompok VI (Penyusunan Rencana Pemenuhan)
1. Qomariyatuzzaman
2. Deni Malik Fajar
3. Fifi H.

Unknown mengatakan...

Kelompok 2 (standar indikator mutu)
1. Dewi Afifah
2. Sarah
3. Rofi'udin

Unknown mengatakan...

Kelompok 10 (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal Pendidikan Dasar Dan Menengah)
1. Uswatun Hasanah
2. Ghina Fitryah Ramadhani
3. Reka Aditia

Mustafa hagi mengatakan...

Kelompok IX (Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah)

1. Mustafa Hagi
2. Uun Kurniasih

Mustafa hagi mengatakan...

Kelompok 8 (Sistem penjamijan muitu pendidikan dasar dan menengah)
1. Mohamad Nur kholis
2. Jajang sholahuddin jazuli
3. Fanny.p

alifah nour kolifah mengatakan...

Kelompok xii (pendidikan bermutu)
1. Siti livia
2. Fifi firdaus

alifah nour kolifah mengatakan...

Kelompok XI (sistem pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah)
1. Baeti kholipah
2. Kiki fitriana
3. Didi permadi

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Administrasi dan Supervisi Pendidikan