| 
   
  | 
  
   IAIN SYEKH NURJATI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN  | 
 ||||||||||||
| 
   RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER  | 
 |||||||||||||
| 
   MATA KULIAH  | 
  
   Kode  | 
  
   Rumpun MK  | 
  
   Bobot (sks)  | 
  
   Semester  | 
  
   Tanggal Penyusunan  | 
 ||||||||
| 
   ADMINISTRASI
  DAN SUPERVISI PENDIDIKAN  | 
  
   MPI 021  | 
  
   Mata kuliah Umum  | 
  
   3  | 
  
   5  | 
  
   28 Agustus 2020  | 
 ||||||||
| 
   Otoritas  | 
  
   Dosen Pengampu  | 
  
   Gugus Mutu Jurusan  | 
  
   Ketua Jurusan MPI  | 
 ||||||||||
| 
   
 Imam Sibaweh, M.Pd NIDN. 9920113598  | 
  
   
 Ahmad Amin
  Mubarok, M.PdI NIDN.
  2007028302  | 
  
   
 Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd NIDN.2022056301  | 
 |||||||||||
| 
   Capaian Pembelajaran  | 
  
   CPL Prodi  | 
 ||||||||||||
| 
   1  | 
  
   Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
  menunjukan sikap religious;  | 
 ||||||||||||
| 
   2  | 
  
   Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
  dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;  | 
 ||||||||||||
| 
   3  | 
  
   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
  akademik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  | 
 ||||||||||||
| 
   4  | 
  
   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan
  cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme serta tanggung jawab pada bangsa
  dan negara;  | 
 ||||||||||||
| 
   5  | 
  
   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,
  agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;  | 
 ||||||||||||
| 
   6  | 
  
   Berkontribusi dalam peningkatan mutu
  kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
  berdasarkan pancasila;  | 
 ||||||||||||
| 
   7  | 
  
   Memiliki sikap kepekaan sosial dan kepedulian
  untuk bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat;  | 
 ||||||||||||
| 
   8  | 
  
   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
  bermasyarakat dan bernegara;  | 
 ||||||||||||
| 
   9  | 
  
   Menginternalisasi semangat kemandirian,
  kejuangan dan kewirausahaan;  | 
 ||||||||||||
| 
   10  | 
  
   Menunjukan sikap bertanggungjawab atas
  pekerjaan di bidang layanan manajemen pendidikan Islam secara propesional;  | 
 ||||||||||||
| 
   11  | 
  
   Mewujudkan karakter “beriman, cerdas,
  mandiri, jujur, peduli, dan tangguh” dalam menjalankan tugas;  | 
 ||||||||||||
| 
   12  | 
  
   Mempunyai ketulusan, komitmen, serta
  kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta
  didik dan;  | 
 ||||||||||||
| 
   13  | 
  
   Mampu menunjukan integeritas dan stabilitas
  kepribadian yang kuat dalam layanan manajemen pendidikan, menampilkan kinerja
  berkualitas, menunjukan sikap kepe-mimpinan, menghargai pendapat dan
  pemikiran orang lain serta bekerjasama.  | 
 ||||||||||||
| 
   CP-MK  | 
 |||||||||||||
| 
   M1  | 
  
   Memiliki pengetahuan
  administrasi pendidikan  | 
 ||||||||||||
| 
   M2  | 
  
   Mengelola
  administrasi pendidikan  | 
 ||||||||||||
| 
   M3  | 
  
   Memahami konsep
  supervise Pendidikan  | 
 ||||||||||||
| 
   | 
  
   M4  | 
  
   Melaksanakan
  Supervisi pendidikan  | 
 |||||||||||
| 
   M5  | 
  
   Memahami
  administrasi dan supervisi di lembaga pendidikan  | 
 ||||||||||||
| 
   M6  | 
  
   Mampu melakukan
  evaluasi adiministrasi dan supervisi pendidikan  | 
 ||||||||||||
| 
   Deskripsi Mata Kuliah  | 
  
   Mata kuliah ini
  memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk mengerti secara konsep dan
  implementasinya tentang administrasi dan supervisi pendidikan. Konsep ini
  akan mengenalkan tentang kepemimpinan, kepegawaian, kesiswaan, stakholders,
  keorganisasian komunikasi dan kordinasi, dan melakukan supervisi yang
  dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru dan siswa, pelaksanaan supervise
  dari pengawas pendidikan dan pengawas independen, pengawasan dan
  pengendalian, dan manajemen mutu terpadu   | 
 ||||||||||||
| 
   Materi /Pokok Bahasan  | 
  
   1.   
  Pendahuluan  2.   
  Konsep Dasar
  Administrasi Pendidikan (Buku Engkoswara) 3.   
  Model Administrasi
  Pendidikan (Buku Engkoswara) 4.   
  Perencanaan
  Pendidikan (Engkoswara) 5.   
  Pengorganisasian
  (Usman) 6.   
  Motivasi (Usman) 7.   
  Kepemimpinan dan
  kekuasaan (Usman) 8.   
  UTS 9.   
  Konsep Supervisi
  Pendidikan (Dadang) 10. Kepemimpinan Pembelajaran (Dadang) 11. Pengawasan (Engkoswara) 12. Pengendalian ( Usman) 13. Komunikasi (Engkoswara) 14. Otonomi Pendidikan (Dadang) 15. Hasil Kajian, tentang efektifitas pengawasan
  provisional, perilaku kegiatan pengawasan professional dan factor-faktor
  pendukung dan penghambat (Dadang) 16. UAS  | 
 ||||||||||||
| 
   Referensi  | 
  
   Utama  | 
 ||||||||||||
| 
   | 
  
   1.   
  Dadang. S. (2010). Supervisi
  Profesional. Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi
  Daerah. Bandung: Alfabeta. 2.   
  Engkoswara dan Aan
  (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 3.   
  Usman. H. (2009). Manajemen
  Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.   | 
 ||||||||||||
| 
   Pendukung  | 
 |||||||||||||
| 
   1.   
  Depag.
  (2000). Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta:
  Depag. 2.   
  Hoy dan
  Miskel. (2008). Educational Administration. Theory, Research, and
  Practice. New York: Mc Gram Hill.  | 
 |||||||||||||
| 
   Mg ke-  | 
  
   Sub-CP-MK  | 
  
   Indikator  | 
  
   Kriteria & Bentuk Penilaian  | 
  
   Metode Pembelajaran  | 
  
   Pokok Pembahasan  | 
  
   Bobot penilaian (%)  | 
 |||||||
| 
   1  | 
  
   Pengantar
  Perkuliahan   | 
  
   Kesiapan
  mahasiswa dan Jaringan perkuliahan   | 
  
   Paparan Kontrak
  Belajar  | 
  
   Ceramah  | 
  
   Penjelasan RPS
  dan Bentuk Perkuliahan Daring  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   2  | 
  
   Mahasiswa
  memahami perkuliahan administrasi dan supervisi pendidikan  | 
  
   Kesiapan
  mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa Non Test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.   
  Pengantar Konsep
  Administrasi Pendidikan 2.   
  Tujuan Administrasi
  Pendidikan  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   3  | 
  
   Mahasiswa
  memahami model-model administrasi pendidikan  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan model-model administrasi pendidikan  | 
  
   Keaktivan  Non Test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.   
  Pengembangan Sistem 2.   
  Konsep Dasar Sistem 3.   
  Cybenrnics 4.   
  Model dan Pengukuran
  Metodologi Sistem.  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   4  | 
  
   Mahasiswa
  memahami perencanaan Pendidikan   | 
  
   Mahasiswa mampu
  memprsesntasikan perencanaan pendidikan  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa Non test   | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  Perencaan 2.    Tujuan
  Perencanaan  3.    Pendekatan
  Perencanaan 4.    Prinsip-prinsip
  perencanaan 5.    Jenis dan
  lingkup perencanaan 6.    Tahapan
  perencanaan  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   5  | 
  
   Mahasiswa
  memahami pengorganisasian  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan pengorganisasian  | 
  
   Keaktiva Mahasiswa Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.      Tujuan dan
  manfaat organisasi 2.      Pengertian
  organisasi 3.      Tujuh
  pengertian organisasi 4.      Tipe organisasi 5.      Penyakit dan
  pengobatan organisasi  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   6  | 
  
   Mahasiswa
  memahami motivasi  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan motivasi  | 
  
   Keaktivan mahasiswa Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.  Teori motivasi 2.  Manfaat teori
  motivasi 3.  Teknik
  memotivasi 4.  Hasil riset  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   7  | 
  
   Mahasiswa
  memahami kepemimpinan dan kekuasan pendidikan  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan kepemimpinan dan kekuasaan pendidikan  | 
  
   keaktivan
  mahasiswa non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.      Pengertian
  kepemimpinan 2.      Macam-macam
  kepemimpinan 3.      Model
  kepemimpinan 4.      Kecerdasan
  kepemimpinan pendidikan  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   8  | 
  
   UTS  | 
  
   | 
  
   Test tulis Menggunakan
  blog  | 
  
   | 
  
   | 
  
   10%  | 
 |||||||
| 
   9  | 
  
   Mahasiswa
  memahami supervisi pendidikan  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan supervisi pendidikan  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Konsep Dasar
  Supervisi Pendidikan 2.    Perkembangan
  Supervisi Pendidikan 3.    Supervisor 4.    Fungsi
  Supervisor  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   10  | 
  
   Mahasiswa
  memahami kepemimpinan Pembelajaran   | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan kepemimpinan pembelajaran  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengawas di
  Sekolah 2.    Bantuan
  professional 3.    Pemberdayaan
  guru  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   11  | 
  
   Mahasiswa
  memahami pengawasan  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan pengawasan  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Konsep dasar
  kepengawasan 2.    Pengawasan
  dalam bidang pendidikan 3.    Supervise dalam
  praktik pengawasan 4.    Dialog
  professional penjaminan mutu  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   12  | 
  
   Mahasiswa
  memahami pengendalian  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan pengendalian  | 
  
   Keaktivan mahasiswa
   Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  Pengendalian 2.    Tujuan
  pengawasan dan pengendalian 3.    Manfaat
  pengawasan dan pengendalian 4.    Proses
  pengawasan dan pengendalian 5.    Bentuk
  pengawasan dan pengendalian 6.    Prosedur  pengawasan dan pengendalian 7.    Ruang lingkup  pengawasan dan pengendalian 8.    Pengawas
  sekolah  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   13  | 
  
   Mahasiswa
  memahami komunikasi  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan komunikasi  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  komunikasi 2.    Unsur dan
  proses komunikasi 3.    Pesan dan
  gangguan komunikasi 4.    Teknologi
  informasi dalam komunikasi  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   14  | 
  
   Mahasiswa
  memahami otonomi pendidikan  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan otonomi pendidikan  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  otonomi pendidikan 2.    Manajemen
  berbasis sekolah 3.    Indicator MBS 4.    Pengertian
  khsusus  | 
  
   5%  | 
 |||||||
| 
   15  | 
  
   Mahasiswa
  memahami hasil riset pengawasan profesional  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan hasil riset kepengawasan profesional  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.      Efektivitas
  pengawasan professional 2.      Perilaku
  kegiatan pengawasan professional 3.      Factor
  pendukung dan penghambat   | 
  
   | 
 |||||||
| 
   16  | 
  
   UAS  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   20%  | 
 |||||||
| 
   Ketentuan
  Perkuliahan; 1.    Perkuliahan
  menggunakan daring 2.    Setiap
  mahasiswa mempresentasikan materi/pokok bahasan dengan kelompok sebagai tugas
  terstruktur 3.    Setiap
  mahasiswa membuat analisis kritis dengan nalar berpikirnya masing-masing dari
  materi/pokok bahasan sebagai tugas mandiri 4.    Tugas
  terstruktur dibuat makalah dengan kertas A4, spasi 1,5 font timen new roman,
  margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3 dengan susunan (cover, kata
  pengantar, daftar isi, pendahuluan, teori, pembahasan dan kesimpulan) 5.    Tugas mandiri
  dibuat narasi dua halaman kertas A4 dengan spasi 1,5 font times new roman,
  margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3 6.    Dikirikmkan ke
  GCR (google classroom) 7.    UTS akan
  dilaksanakan dengan aplikasi blog. 8.    UAS akan
  dilaksanakan dengan google form 9.    Kehadiran 5%,
  tugas mandiri 15%, tugas terstruktur 15%, UTS 25% dan UAS 40%  | 
 |||||||||||||



55 komentar:
Nama : Diah Agus Fita
NIM : 1808109030
Email : diahfita16@gmail.com
Kelas : 5 Mpi A
Nama : Fuji Lestari
Nim : 1808109106
Email: Fujilestari1802@gmail.com
Nama : Desti Yuliani
NIM : 1808109077
Email: yulianidesti860@gmail.com
Nama: Nia khoirunissah
NIM: 1808109129
Gmail: niakhoirunnisa36@gmail.com
Nama : Rima Riyana
NIM : 1808109005
Kelas : MPI 5A
Email : rimariyana.rr@gmail.com
Nama : Mutiyah
NIM : 1808109003
Kelas : 5 MPI A
Email : mutiyahxx@gmail.com
Nama:Fadhilatushofianah
NIM :1808109035
Kelas : 5/MPI/A
Email :fadilahsofianah@gmail.com
Nama ; Sinta Sri Wahyuni
NIM ; 1808109097
Kelas ; 5 MPI C
Email ; sriswahyuni16@gmail.com
Fahri Ludin, 1808109034, ludinfahri@gmail.com
Nama : Dhia Salsabila
NIM : 1808109020
Kelas : 5 Mpi A
Email : biladhia7@gmail.con
Nama: Yovi Adiningrum
Nim: 1808109105
Kelas: 5 Mpi C
Email: yopiadiningrum@gmail.com
Nama: Nurul Alfiyyah
Nim: 1808109104
Kelas: 5 MPI C
Email: alfinurul03@gmail.com
Nama : Tania Halimatus Sa'diyah
NIM : 1808109080
Kelas: 5 MPI C
Email: taniiahs75@gmail.com
MAMA : Neng Tria Anggita Putri
NIM : 1808109031
KELAS : MPI 5A
EMAIL : nengtriaanggita425@gmail.com
Nama : Muhammad Rizal Arafah S W
NIM : 1808109008
Kelas : MPI 5A
Email :rizalasholehw@gmail.com
NAMA : DWI SUNANTA
NIM : 1808109007
KELAS: MPI 5A
EMAIL: Sunantadwi22@gmail.com
Nama : SITI AYUNDA LUTHFIYAH
NIM : 1808109002
Kelas : MPI 5A
Email : salthfyh22@gmail.com
Nama: Fitriyani
Nim: 1808109044
Kelas: MPI 5B
Email: yani2208fitri@gmail.com
Nama: Intan Tamiya
NIM: 1808109041
Kelas: 5/MPI/B
E-Mail:intantamiya4@gmail.com
Nama: Violita Allifiana
Nim: 1808109054
Kelas: 5B
Email: violitaallif@gmail.com
Nama : Puput Novita Sari
NIM. : 1808109055
Kelas : MPI 5B
EMAIL.: puputtnovitasari@gmail.com
Nama : Puput Novita Sari
NIM. : 1808109056
Kelas : MPI 5B
EMAIL.: puputtnovitasari@gmail.com
Nama: Nurul Fajri Ramadani
NIM : 1808109059
Kelas: MPI 5B
Email: nframadani06@gmail.com
Nama : Slamet Hadi Darmansyah
NIM : 1808109069
Kelas: MPI 5B
Email : hadidarmasyah234@gmail.com
Nama: Jauharotul Maknunah Al-as'ari
NIM : 1808109116
Kelas : MPI D/5
Email : jauharma18@gmail.com
Nama : Sofi rohimatul awalia
Nim: 1808109013
Kelas : MPI A/5
Email: sofirohimatul@gmail.com
Nama :Farhan Syahrezi
Kelas:MPI 5 C
NIM :1808109085
Email:farhansyahrezi125@gmail.com
Nama : Wildan Asep Prayoga
Nim : 1808109051
Kelas : MPI 5B
Email : wildan.aprayoga@gmail.com
Nama: Juhaidah
NIM: 1808109040
kelas: 5 MPI B
email: juhaidah999@gmail.com
Nama: ibah najibah
Kelas:MPI 5B
Nim: 1808109072
Email: ibahnajibah11@gmail.com
Nama : Agung Hidayat
NIM. : 1808109088
Email: hidayat.agung005@gmail.com
Nama: Moch Dede Ilhamul Muchlis
Kelas: MPI C 5
NIM: 1808109108
Email: Ilhamulmuchlis@gmail.com
Nama: muhammad aep saepuddin
Nim: 1808109052
Kelas: MPI 5/B
Email: muhammadaef02@gmail.com
Nama: Ade indra sutrisno
Nim: 1808109066
Kelas: mpi5B
Email: engkudendra@gmail.com
Nama : Fauji Ihwanudin
Kelas : MPI 5B
NIM : 1808109055
Email : fauziihwanudin26@gmail.com
Nama : Sakhistiani Qurrota A'yuni
Kelas : MPI 5B
NIM : 1808109053
Email : Ayuniqay@gmail.com
Nama: Lydia asgari
Kelas: MPI 5B
NIM: 1808109050
Email: Lydiaasgari77@gmail.com
Nama: Hayya Annisa Fitriani
Kelas: MPI 5B
NIM: 1808109049
Email: fitianihayya@gmail.com
Nama: Annisa Sabila
Kelas 5 MPI C
Nim: 1808109084
E-mail: annisasabil431@gmail.com
Nama : Ahmad Fadillah
Kelas : 5 MPI B
NIM : 1808109070
E-mail : babangfadil98@gmail.com
Nama : Sari Widiyawati
Kelas : 5 MPI D
NIM : 1808109124
E-mail: sariwidiyawati29@gmail.con
Nama :Riska Oktofiyani
Kelas:5 MPIA
NIM :1808109027
E-mail: riskaoktofiyani15@gmail.com
Nama: Hidayah
Kelas: 5 MPI B
Nim: 1808109057
E-mail: ayahidayah710@gmail.com
Nama : Hani maspupah
NIM : 1808109048
Kelas : 5 MPI A
E-MAIL : Hmaspupah344@gmail.com
Nama: Edwin Saleh
Nim: 1808109036
Kelas: 5 MPI A
E-mail: edwiniyasi@gmail.com
Nama : Hilda Magfira Maulani
Nim : 1808109064
Kelas : 5 MPI B
E-mail: magfirahilda9@gmail.com
Nama : Hani maspupah
NIM : 1808109048
Kelas : 5 MPI B
E-MAIL : Hmaspupah344@gmail.com
Nama: Roni Kurniadi
NIM : 1808109001
Kelas: 5 MPI A
E-Mail: ronikurniadi130816@gmail.com
Posting Komentar