Minggu, 30 Agustus 2020

RPS TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

 

LOGO IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.jpg

IAIN SYEKH NURJATI

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH

Kode

Rumpun MK

Bobot (sks)

Semester

Tanggal Penyusunan

TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

MPI 039

Mata kuliah Umum

2

1

28 Agustus 2020

Otoritas

Dosen Pengampu

Gugus Mutu Jurusan

Ketua Jurusan MPI

 

Imam Sibaweh, M.Pd

NIDN. 9920113598

 

 

Ahmad Amin Mubarok, M.PdI

NIDN. 2007028302

 

Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd

NIDN.2022056301

 

Capaian Pembelajaran

CPL Prodi

1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religious;

2

Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme serta tanggung jawab pada bangsa dan negara;

5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;

6

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;

7

Memiliki sikap kepekaan sosial dan kepedulian untuk bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat;

8

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

9

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

10

Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang layanan manajemen pendidikan Islam secara propesional;

11

Mewujudkan karakter “beriman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh” dalam menjalankan tugas;

12

Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dan;

13

Mampu menunjukan integeritas dan stabilitas kepribadian yang kuat dalam layanan manajemen pendidikan, menampilkan kinerja berkualitas, menunjukan sikap kepe-mimpinan, menghargai pendapat dan pemikiran orang lain serta bekerjasama.

CP-MK

M1

Memiliki pengetahuan karya tulis ilmiah

M2

Memiliki pengetahuan bentuk-bentuk karya tulis ilmiah

M3

Memiliki kemampuan dalam mempraktekkan penulisan karya ilmiah

 

M4

Memiliki kemampuan mengeksplorasikan gagasan yang bisa dituangkan dalam karya tulis ilmiah

M5

Memiliki kemampuan secara sistematis penyusunan karya ilmiah

M6

Memiliki kemampuan untuk mempraktekkan dalam kehidupan social penulisan karya ilmiah yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan gambaran secara utuh tentang penulisan karya ilmiah yang berkaitan dengan pengetahuan karya tulis ilmiah, jenis-jenis karya ilmiah, menulis makalah, membuat resensi, membuat essay, menyusun karya ilmiah popular dan non popular, penulisan artikel jurnal ilmiah, menyusun proposal skripsi dan menyusun skripsi dan membuat laporan penelitian, dan membuat artikel penelitian. 

Materi /Pokok Bahasan

1.    Pendahuluan

2.    Pengertian Karya Ilmiah (Dalman)

3.    Syarat Menulis Karya Ilmiah (Dalman)

4.    Jenis atau Bentuk Karya Ilmiah (Dalman)

5.    Langkah-langkah pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan (Dalman)

6.    Tahap penyusunan karya ilmiah (Dalman)

7.    Kalimat Efektif dan Pengembangan Paragraf (Dalman)

8.    UTS

9.    Menulis Esai (Dalman)

10. Menulis Karya Ilmiah Populer (Dalman)

11. Artikel jurnal ilmiah (Dalman)

12. Menulis Makalah (Dalman)

13. Menulis Resensi (Dalman)

14. Menulis Proposal Penelitian (Dalman)

15. Menulis Skripsi (Dalman)

16. UAS

Referensi

Utama

 

1.    Dalman. 2016. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.

2.    Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pendukung

1.    Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung Alfabeta.

Mg ke-

Sub-CP-MK

Indikator

Kriteria & Bentuk Penilaian

Metode Pembelajaran

Pokok Pembahasan

Bobot penilaian (%)

1

Pengantar Perkuliahan

Kesiapan mahasiswa dan Jaringan perkuliahan

Kehadiran Mahasiswa

Ceramah

Penjelasan RPS dan Bentuk Perkuliahan Daring

5%

2

Mahasiswa memahami pengertian karya tulis ilmiah

Kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan

Keaktivan mahasiswa

Non Test

Diskusi dan ceramah

1.    Pengertian karya Ilmiah

2.    Sistematika karya Tulis Ilmiah

3.    Ciri-ciri karya Ilmiah

4.    Syarat karya ilmia

5.    Jenis karya ilmiah

6.    Fungsi karya ilmiah

5%

3

Mahasiswa memahami syarat menulis karya ilmiah

Mampu mempresentasikan syarat menulis karya ilmiah

Keaktivan

Non Test

Diskusi dan ceramah

1.    Syarat khusus dalam penulisan karya ilmia

2.    Sifat karya ilmiah

3.    Manfaat karya ilmiah

5%

4

Mahasiswa memahami jenis atau bentu karya ilmiah

Mahasiswa mampu mempresentasikan jenis atau bentuk karya ilmiah

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.    Makalah

2.    Skripsi

3.    Tesis

4.    Disertasi

5.    Artikel ilmiah

6.    Resensi

7.    Esai

8.    Artikel ilmiah populer

5%

5

Mahasiswa memahami langkah-langkah, pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan

Mampu mempresentasikan  langkah-langkah, pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan

Keaktiva Mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.      Langkah pengumpulan bahan tulisan

2.      Langkah penyusunan bahan tulisan

3.      Kerangka tulisan ilmiah

5%

6

Mahasiswa memahami  Tahap penyusunan karya ilmiah

Mampu mempresentasikan  Tahap penyusunan karya ilmiah

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.  Tahap persiapan

2.  Pengumpulan data

3.  Pengorganisasian

4.  Pemeriksaan

5.  Tahap penulisan data

6.  Tahap pengorganisasian dan pengonsepan

7.  Tahap editing

8.  Tahap penyajian

5%

7

Mahasiswa memahami  Kalimat Efektif dan Pengembangan Paragraf

 

Mampu mempresentasikan  Kalimat Efektif dan Pengembangan Paragraf

keaktivan mahasiswa

non test

Diskusi dan ceramah

1.      Pengertian kalimat efektif

2.      Ciri-ciri kalimat efektif

3.      Pengembangan kalimat efektif

4.      Pengertian paragraph

5.      Fungsi paragraph

6.      Struktur paragraph

7.      Ciri-ciri paragra

8.      Syarat paragraph yang baik

9.      Jenis paragraph

10.   Pola pengembangan paragraph

11.   Jenis-jenis paragraf

5%

8

UTS

10%

9

Mahasiswa memahami  Menulis Esai

Mampu mempresentasikan  Menulis Esai

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.    Pengertian esai

2.    Langkah-langkah menulis esai

3.    Struktur esay

5%

10

Mahasiswa memahami  Menulis Karya Ilmiah Populer

Mampu menjelaskan dan mempresentasikan Menulis Karya Ilmiah Populer

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.    Pengertian karya ilmia popular

2.    Masalah pokok dalam menulis karya ilmiah

3.    Ciri-ciri karya ilmiah

4.    Jenis artikel ilmiah

5.    Tahapan penulisan karya ilmiah popular

6.    Manfaat penulisan karya ilmiah popular

7.    Jenis-jenis penulisan populer

5%

11

Mahasiswa memahami  Artikel jurnal ilmiah

Mampu menjelaskan dan mempresentasikan  Artikel jurnal ilmiah

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.    Pengertian artikel

2.    Jenis-jenis artikel

3.    Macam-macam artikel

5%

12

Mahasiswa memahami  Menulis Makalah

Mampu menjelaskan dan mempresentasikan  Menulis Makalah

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.    Pengertian makalah

2.    Ciri-ciri makalah

3.    Jenis-jenis makalah

4.    Cara menyusun makalah

5.    Koreksi akhir makalah

6.    Sistematika penulisan makalah

7.    Teknik kutipan dalam penulisan

8.    Format kutipan dalam penulisan

5%

13

Mahasiswa memahami  Menulis Resensi

Mampu menjelaskan dan mempresentasikan  Menulis Resensi

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.    Pengertian resensi

2.    Tujuan menulis resensi

3.    Sasaran resensi

4.    Unsur-unsur resensi

5.    Prinsip-prinsip dasar resensi

6.    Langkah-langkah membuat resensi

5%

14

Mahasiswa memahami  Menulis Proposal Penelitian

Mampu menjelaskan dan mempresentasikan  Menulis Proposal Penelitian

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.    Pengertian proposal

2.    Tujuan pengajuan proposal

3.    Jenis-jenis proposal

4.    Sistematika penyusunan proposal penelitian

5%

15

Mahasiswa memahami menulis skripsi

Mampu menjelaskan dan mempresentasikan  menulis skripsi

Keaktivan mahasiswa

Non test

Diskusi dan ceramah

1.      Pengertian skripsi

2.      Karakteristik skripsi

3.      Sistematika penulisan skripsi

4.      Teknik penulisan skripsi, tesis dan disertasi

5.      Tujuan, fungsi, dan sifat-sifat skripsi

 

16

UAS

 

20%

 

Ketentuan Perkuliahan;

1.    Perkuliahan menggunakan daring

2.    Setiap mahasiswa mempresentasikan materi/pokok bahasan dengan kelompok sebagai tugas terstruktur

3.    Setiap mahasiswa membuat analisis kritis dengan nalar berpikirnya masing-masing dari materi/pokok bahasan sebagai tugas mandiri

4.    Tugas terstruktur dibuat makalah dengan kertas A4, spasi 1,5 font timen new roman, margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3 dengan susunan (cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, teori, pembahasan dan kesimpulan)

5.    Tugas mandiri dibuat narasi dua halaman kertas A4 dengan spasi 1,5 font times new roman, margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3

6.    Dikirikmkan ke GCR (google classroom)

7.    UTS akan dilaksanakan dengan aplikasi blog.

8.    UAS akan dilaksanakan dengan google form

9.    Kehadiran 5%, tugas mandiri 15%, tugas terstruktur 15%, UTS 25% dan UAS 40%

 

Tidak ada komentar:

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Administrasi dan Supervisi Pendidikan