| 
   
  | 
  
   IAIN SYEKH NURJATI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN  | 
 |||||||||||
| 
   RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER  | 
 ||||||||||||
| 
   MATA KULIAH  | 
  
   Kode  | 
  
   Rumpun MK  | 
  
   Bobot (sks)  | 
  
   Semester  | 
  
   Tanggal Penyusunan  | 
 |||||||
| 
   TEKNIK
  PENULISAN KARYA ILMIAH  | 
  
   MPI 039  | 
  
   Mata kuliah Umum  | 
  
   2  | 
  
   1  | 
  
   28 Agustus 2020  | 
 |||||||
| 
   Otoritas  | 
  
   Dosen Pengampu  | 
  
   Gugus Mutu Jurusan  | 
  
   Ketua Jurusan MPI  | 
 |||||||||
| 
   
 Imam Sibaweh, M.Pd NIDN. 9920113598  | 
  
   
 Ahmad Amin
  Mubarok, M.PdI NIDN.
  2007028302  | 
  
   
 Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd NIDN.2022056301  | 
 ||||||||||
| 
   Capaian Pembelajaran  | 
  
   CPL Prodi  | 
 |||||||||||
| 
   1  | 
  
   Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
  menunjukan sikap religious;  | 
 |||||||||||
| 
   2  | 
  
   Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
  dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;  | 
 |||||||||||
| 
   3  | 
  
   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
  akademik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  | 
 |||||||||||
| 
   4  | 
  
   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan
  cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme serta tanggung jawab pada bangsa
  dan negara;  | 
 |||||||||||
| 
   5  | 
  
   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,
  agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;  | 
 |||||||||||
| 
   6  | 
  
   Berkontribusi dalam peningkatan mutu
  kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
  berdasarkan pancasila;  | 
 |||||||||||
| 
   7  | 
  
   Memiliki sikap kepekaan sosial dan kepedulian
  untuk bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat;  | 
 |||||||||||
| 
   8  | 
  
   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
  bermasyarakat dan bernegara;  | 
 |||||||||||
| 
   9  | 
  
   Menginternalisasi semangat kemandirian,
  kejuangan dan kewirausahaan;  | 
 |||||||||||
| 
   10  | 
  
   Menunjukan sikap bertanggungjawab atas
  pekerjaan di bidang layanan manajemen pendidikan Islam secara propesional;  | 
 |||||||||||
| 
   11  | 
  
   Mewujudkan karakter “beriman, cerdas,
  mandiri, jujur, peduli, dan tangguh” dalam menjalankan tugas;  | 
 |||||||||||
| 
   12  | 
  
   Mempunyai ketulusan, komitmen, serta
  kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta
  didik dan;  | 
 |||||||||||
| 
   13  | 
  
   Mampu menunjukan integeritas dan stabilitas
  kepribadian yang kuat dalam layanan manajemen pendidikan, menampilkan kinerja
  berkualitas, menunjukan sikap kepe-mimpinan, menghargai pendapat dan
  pemikiran orang lain serta bekerjasama.  | 
 |||||||||||
| 
   CP-MK  | 
 ||||||||||||
| 
   M1  | 
  
   Memiliki pengetahuan
  karya tulis ilmiah  | 
 |||||||||||
| 
   M2  | 
  
   Memiliki
  pengetahuan bentuk-bentuk karya tulis ilmiah  | 
 |||||||||||
| 
   M3  | 
  
   Memiliki
  kemampuan dalam mempraktekkan penulisan karya ilmiah   | 
 |||||||||||
| 
   | 
  
   M4  | 
  
   Memiliki
  kemampuan mengeksplorasikan gagasan yang bisa dituangkan dalam karya tulis
  ilmiah  | 
 ||||||||||
| 
   M5  | 
  
   Memiliki
  kemampuan secara sistematis penyusunan karya ilmiah  | 
 |||||||||||
| 
   M6  | 
  
   Memiliki
  kemampuan untuk mempraktekkan dalam kehidupan social penulisan karya ilmiah
  yang bermanfaat untuk masyarakat luas.  | 
 |||||||||||
| 
   Deskripsi Mata Kuliah  | 
  
   Mata kuliah ini
  memberikan gambaran secara utuh tentang penulisan karya ilmiah yang berkaitan
  dengan pengetahuan karya tulis ilmiah, jenis-jenis karya ilmiah, menulis
  makalah, membuat resensi, membuat essay, menyusun karya ilmiah popular
  dan non popular, penulisan artikel jurnal ilmiah, menyusun proposal skripsi
  dan menyusun skripsi dan membuat laporan penelitian, dan membuat artikel
  penelitian.    | 
 |||||||||||
| 
   Materi /Pokok Bahasan  | 
  
   1.   
  Pendahuluan  2.   
  Pengertian Karya
  Ilmiah (Dalman) 3.   
  Syarat Menulis Karya
  Ilmiah (Dalman) 4.   
  Jenis atau Bentuk
  Karya Ilmiah (Dalman) 5.   
  Langkah-langkah
  pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan (Dalman) 6.   
  Tahap penyusunan
  karya ilmiah (Dalman) 7.   
  Kalimat Efektif dan
  Pengembangan Paragraf (Dalman) 8.   
  UTS 9.   
  Menulis Esai (Dalman) 10. Menulis Karya Ilmiah Populer (Dalman) 11. Artikel jurnal ilmiah (Dalman) 12. Menulis Makalah (Dalman) 13. Menulis Resensi (Dalman) 14. Menulis Proposal Penelitian (Dalman) 15. Menulis Skripsi (Dalman) 16. UAS  | 
 |||||||||||
| 
   Referensi  | 
  
   Utama  | 
 |||||||||||
| 
   | 
  
   1.   
  Dalman. 2016. Menulis
  Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers. 2.   
  Sugiyono, 2016. Metode
  Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  Bandung: Alfabeta.   | 
 |||||||||||
| 
   Pendukung  | 
 ||||||||||||
| 
   1.   
  Riduwan. 2010.
  Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung Alfabeta.  | 
 ||||||||||||
| 
   Mg ke-  | 
  
   Sub-CP-MK  | 
  
   Indikator  | 
  
   Kriteria & Bentuk Penilaian  | 
  
   Metode Pembelajaran  | 
  
   Pokok Pembahasan  | 
  
   Bobot penilaian (%)  | 
 ||||||
| 
   1  | 
  
   Pengantar
  Perkuliahan   | 
  
   Kesiapan
  mahasiswa dan Jaringan perkuliahan   | 
  
   Kehadiran
  Mahasiswa  | 
  
   Ceramah  | 
  
   Penjelasan RPS
  dan Bentuk Perkuliahan Daring  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   2  | 
  
   Mahasiswa
  memahami pengertian karya tulis ilmiah  | 
  
   Kesiapan
  mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa Non Test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.   
  Pengertian karya
  Ilmiah 2.   
  Sistematika karya
  Tulis Ilmiah 3.   
  Ciri-ciri karya
  Ilmiah 4.   
  Syarat karya ilmia 5.   
  Jenis karya ilmiah 6.   
  Fungsi karya ilmiah  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   3  | 
  
   Mahasiswa
  memahami syarat menulis karya ilmiah  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan syarat menulis karya ilmiah  | 
  
   Keaktivan  Non Test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.   
  Syarat khusus dalam
  penulisan karya ilmia 2.   
  Sifat karya ilmiah 3.   
  Manfaat karya ilmiah  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   4  | 
  
   Mahasiswa
  memahami jenis atau bentu karya ilmiah  | 
  
   Mahasiswa mampu
  mempresentasikan jenis atau bentuk karya ilmiah  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa Non test   | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Makalah 2.    Skripsi 3.    Tesis 4.    Disertasi 5.    Artikel ilmiah 6.    Resensi 7.    Esai 8.    Artikel ilmiah
  populer  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   5  | 
  
   Mahasiswa
  memahami langkah-langkah, pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan  langkah-langkah,
  pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan   | 
  
   Keaktiva Mahasiswa Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.      Langkah
  pengumpulan bahan tulisan 2.      Langkah
  penyusunan bahan tulisan 3.      Kerangka
  tulisan ilmiah  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   6  | 
  
   Mahasiswa
  memahami  Tahap penyusunan karya ilmiah  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan  Tahap penyusunan
  karya ilmiah  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.  Tahap persiapan 2.  Pengumpulan
  data 3.  Pengorganisasian 4.  Pemeriksaan 5.  Tahap penulisan
  data 6.  Tahap pengorganisasian
  dan pengonsepan 7.  Tahap editing 8.  Tahap penyajian  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   7  | 
  
   Mahasiswa memahami  Kalimat Efektif dan Pengembangan Paragraf  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan  Kalimat Efektif dan
  Pengembangan Paragraf  | 
  
   keaktivan
  mahasiswa non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.      Pengertian
  kalimat efektif 2.      Ciri-ciri
  kalimat efektif 3.      Pengembangan
  kalimat efektif 4.      Pengertian
  paragraph 5.      Fungsi
  paragraph 6.      Struktur
  paragraph 7.      Ciri-ciri
  paragra 8.      Syarat
  paragraph yang baik 9.      Jenis paragraph 10.   Pola
  pengembangan paragraph 11.   Jenis-jenis
  paragraf  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   8  | 
  
   UTS  | 
  
   10%  | 
 ||||||||||
| 
   9  | 
  
   Mahasiswa
  memahami  Menulis Esai  | 
  
   Mampu
  mempresentasikan  Menulis Esai  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian esai 2.    Langkah-langkah
  menulis esai 3.    Struktur esay  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   10  | 
  
   Mahasiswa
  memahami  Menulis Karya Ilmiah Populer  | 
  
   Mampu menjelaskan
  dan mempresentasikan Menulis Karya Ilmiah Populer  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  karya ilmia popular 2.    Masalah pokok
  dalam menulis karya ilmiah 3.    Ciri-ciri karya
  ilmiah 4.    Jenis artikel
  ilmiah 5.    Tahapan
  penulisan karya ilmiah popular 6.    Manfaat
  penulisan karya ilmiah popular 7.    Jenis-jenis
  penulisan populer  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   11  | 
  
   Mahasiswa
  memahami  Artikel jurnal ilmiah  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan  Artikel jurnal ilmiah  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian artikel 2.    Jenis-jenis
  artikel 3.    Macam-macam
  artikel  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   12  | 
  
   Mahasiswa
  memahami  Menulis Makalah  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan  Menulis Makalah  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  makalah 2.    Ciri-ciri
  makalah 3.    Jenis-jenis
  makalah 4.    Cara menyusun
  makalah 5.    Koreksi akhir
  makalah 6.    Sistematika
  penulisan makalah 7.    Teknik kutipan
  dalam penulisan 8.    Format kutipan
  dalam penulisan  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   13  | 
  
   Mahasiswa
  memahami  Menulis Resensi  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan  Menulis Resensi  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  resensi 2.    Tujuan menulis
  resensi 3.    Sasaran resensi 4.    Unsur-unsur
  resensi 5.    Prinsip-prinsip
  dasar resensi 6.    Langkah-langkah
  membuat resensi  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   14  | 
  
   Mahasiswa
  memahami  Menulis Proposal Penelitian  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan  Menulis Proposal Penelitian  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.    Pengertian
  proposal 2.    Tujuan
  pengajuan proposal 3.    Jenis-jenis
  proposal 4.    Sistematika
  penyusunan proposal penelitian  | 
  
   5%  | 
 ||||||
| 
   15  | 
  
   Mahasiswa
  memahami menulis skripsi  | 
  
   Mampu
  menjelaskan dan mempresentasikan 
  menulis skripsi  | 
  
   Keaktivan
  mahasiswa  Non test  | 
  
   Diskusi dan
  ceramah  | 
  
   1.      Pengertian
  skripsi 2.      Karakteristik
  skripsi 3.      Sistematika
  penulisan skripsi 4.      Teknik
  penulisan skripsi, tesis dan disertasi 5.      Tujuan, fungsi,
  dan sifat-sifat skripsi   | 
  
   | 
 ||||||
| 
   16  | 
  
   UAS  | 
  
   | 
  
   20%  | 
 |||||||||
| 
   Ketentuan
  Perkuliahan; 1.    Perkuliahan
  menggunakan daring 2.    Setiap
  mahasiswa mempresentasikan materi/pokok bahasan dengan kelompok sebagai tugas
  terstruktur 3.    Setiap
  mahasiswa membuat analisis kritis dengan nalar berpikirnya masing-masing dari
  materi/pokok bahasan sebagai tugas mandiri 4.    Tugas
  terstruktur dibuat makalah dengan kertas A4, spasi 1,5 font timen new roman,
  margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3 dengan susunan (cover, kata
  pengantar, daftar isi, pendahuluan, teori, pembahasan dan kesimpulan) 5.    Tugas
  mandiri dibuat narasi dua halaman kertas A4 dengan spasi 1,5 font times new
  roman, margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3 6.    Dikirikmkan
  ke GCR (google classroom) 7.    UTS
  akan dilaksanakan dengan aplikasi blog. 8.    UAS
  akan dilaksanakan dengan google form 9.    Kehadiran
  5%, tugas mandiri 15%, tugas terstruktur 15%, UTS 25% dan UAS 40%  | 
 ||||||||||||



Tidak ada komentar:
Posting Komentar