|
IAIN SYEKH NURJATI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN |
|||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||||||
MATA KULIAH |
Kode |
Rumpun MK |
Bobot (sks) |
Semester |
Tanggal Penyusunan |
|||||||
TEKNIK
PENULISAN KARYA ILMIAH |
MPI 039 |
Mata kuliah Umum |
2 |
1 |
28 Agustus 2020 |
|||||||
Otoritas |
Dosen Pengampu |
Gugus Mutu Jurusan |
Ketua Jurusan MPI |
|||||||||
Imam Sibaweh, M.Pd NIDN. 9920113598 |
Ahmad Amin
Mubarok, M.PdI NIDN.
2007028302 |
Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd NIDN.2022056301 |
||||||||||
Capaian Pembelajaran |
CPL Prodi |
|||||||||||
1 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
menunjukan sikap religious; |
|||||||||||
2 |
Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|||||||||||
3 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
akademik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. |
|||||||||||
4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan
cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme serta tanggung jawab pada bangsa
dan negara; |
|||||||||||
5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,
agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain; |
|||||||||||
6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
berdasarkan pancasila; |
|||||||||||
7 |
Memiliki sikap kepekaan sosial dan kepedulian
untuk bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat; |
|||||||||||
8 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara; |
|||||||||||
9 |
Menginternalisasi semangat kemandirian,
kejuangan dan kewirausahaan; |
|||||||||||
10 |
Menunjukan sikap bertanggungjawab atas
pekerjaan di bidang layanan manajemen pendidikan Islam secara propesional; |
|||||||||||
11 |
Mewujudkan karakter “beriman, cerdas,
mandiri, jujur, peduli, dan tangguh” dalam menjalankan tugas; |
|||||||||||
12 |
Mempunyai ketulusan, komitmen, serta
kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta
didik dan; |
|||||||||||
13 |
Mampu menunjukan integeritas dan stabilitas
kepribadian yang kuat dalam layanan manajemen pendidikan, menampilkan kinerja
berkualitas, menunjukan sikap kepe-mimpinan, menghargai pendapat dan
pemikiran orang lain serta bekerjasama. |
|||||||||||
CP-MK |
||||||||||||
M1 |
Memiliki pengetahuan
karya tulis ilmiah |
|||||||||||
M2 |
Memiliki
pengetahuan bentuk-bentuk karya tulis ilmiah |
|||||||||||
M3 |
Memiliki
kemampuan dalam mempraktekkan penulisan karya ilmiah |
|||||||||||
|
M4 |
Memiliki
kemampuan mengeksplorasikan gagasan yang bisa dituangkan dalam karya tulis
ilmiah |
||||||||||
M5 |
Memiliki
kemampuan secara sistematis penyusunan karya ilmiah |
|||||||||||
M6 |
Memiliki
kemampuan untuk mempraktekkan dalam kehidupan social penulisan karya ilmiah
yang bermanfaat untuk masyarakat luas. |
|||||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini
memberikan gambaran secara utuh tentang penulisan karya ilmiah yang berkaitan
dengan pengetahuan karya tulis ilmiah, jenis-jenis karya ilmiah, menulis
makalah, membuat resensi, membuat essay, menyusun karya ilmiah popular
dan non popular, penulisan artikel jurnal ilmiah, menyusun proposal skripsi
dan menyusun skripsi dan membuat laporan penelitian, dan membuat artikel
penelitian. |
|||||||||||
Materi /Pokok Bahasan |
1.
Pendahuluan 2.
Pengertian Karya
Ilmiah (Dalman) 3.
Syarat Menulis Karya
Ilmiah (Dalman) 4.
Jenis atau Bentuk
Karya Ilmiah (Dalman) 5.
Langkah-langkah
pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan (Dalman) 6.
Tahap penyusunan
karya ilmiah (Dalman) 7.
Kalimat Efektif dan
Pengembangan Paragraf (Dalman) 8.
UTS 9.
Menulis Esai (Dalman) 10. Menulis Karya Ilmiah Populer (Dalman) 11. Artikel jurnal ilmiah (Dalman) 12. Menulis Makalah (Dalman) 13. Menulis Resensi (Dalman) 14. Menulis Proposal Penelitian (Dalman) 15. Menulis Skripsi (Dalman) 16. UAS |
|||||||||||
Referensi |
Utama |
|||||||||||
|
1.
Dalman. 2016. Menulis
Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers. 2.
Sugiyono, 2016. Metode
Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta. |
|||||||||||
Pendukung |
||||||||||||
1.
Riduwan. 2010.
Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung Alfabeta. |
||||||||||||
Mg ke- |
Sub-CP-MK |
Indikator |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Pokok Pembahasan |
Bobot penilaian (%) |
||||||
1 |
Pengantar
Perkuliahan |
Kesiapan
mahasiswa dan Jaringan perkuliahan |
Kehadiran
Mahasiswa |
Ceramah |
Penjelasan RPS
dan Bentuk Perkuliahan Daring |
5% |
||||||
2 |
Mahasiswa
memahami pengertian karya tulis ilmiah |
Kesiapan
mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan |
Keaktivan
mahasiswa Non Test |
Diskusi dan
ceramah |
1.
Pengertian karya
Ilmiah 2.
Sistematika karya
Tulis Ilmiah 3.
Ciri-ciri karya
Ilmiah 4.
Syarat karya ilmia 5.
Jenis karya ilmiah 6.
Fungsi karya ilmiah |
5% |
||||||
3 |
Mahasiswa
memahami syarat menulis karya ilmiah |
Mampu
mempresentasikan syarat menulis karya ilmiah |
Keaktivan Non Test |
Diskusi dan
ceramah |
1.
Syarat khusus dalam
penulisan karya ilmia 2.
Sifat karya ilmiah 3.
Manfaat karya ilmiah |
5% |
||||||
4 |
Mahasiswa
memahami jenis atau bentu karya ilmiah |
Mahasiswa mampu
mempresentasikan jenis atau bentuk karya ilmiah |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Makalah 2. Skripsi 3. Tesis 4. Disertasi 5. Artikel ilmiah 6. Resensi 7. Esai 8. Artikel ilmiah
populer |
5% |
||||||
5 |
Mahasiswa
memahami langkah-langkah, pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan |
Mampu
mempresentasikan langkah-langkah,
pengumpulan dan penyusunan bahan tulisan |
Keaktiva Mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Langkah
pengumpulan bahan tulisan 2. Langkah
penyusunan bahan tulisan 3. Kerangka
tulisan ilmiah |
5% |
||||||
6 |
Mahasiswa
memahami Tahap penyusunan karya ilmiah |
Mampu
mempresentasikan Tahap penyusunan
karya ilmiah |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Tahap persiapan 2. Pengumpulan
data 3. Pengorganisasian 4. Pemeriksaan 5. Tahap penulisan
data 6. Tahap pengorganisasian
dan pengonsepan 7. Tahap editing 8. Tahap penyajian |
5% |
||||||
7 |
Mahasiswa memahami Kalimat Efektif dan Pengembangan Paragraf |
Mampu
mempresentasikan Kalimat Efektif dan
Pengembangan Paragraf |
keaktivan
mahasiswa non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian
kalimat efektif 2. Ciri-ciri
kalimat efektif 3. Pengembangan
kalimat efektif 4. Pengertian
paragraph 5. Fungsi
paragraph 6. Struktur
paragraph 7. Ciri-ciri
paragra 8. Syarat
paragraph yang baik 9. Jenis paragraph 10. Pola
pengembangan paragraph 11. Jenis-jenis
paragraf |
5% |
||||||
8 |
UTS |
10% |
||||||||||
9 |
Mahasiswa
memahami Menulis Esai |
Mampu
mempresentasikan Menulis Esai |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian esai 2. Langkah-langkah
menulis esai 3. Struktur esay |
5% |
||||||
10 |
Mahasiswa
memahami Menulis Karya Ilmiah Populer |
Mampu menjelaskan
dan mempresentasikan Menulis Karya Ilmiah Populer |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian
karya ilmia popular 2. Masalah pokok
dalam menulis karya ilmiah 3. Ciri-ciri karya
ilmiah 4. Jenis artikel
ilmiah 5. Tahapan
penulisan karya ilmiah popular 6. Manfaat
penulisan karya ilmiah popular 7. Jenis-jenis
penulisan populer |
5% |
||||||
11 |
Mahasiswa
memahami Artikel jurnal ilmiah |
Mampu
menjelaskan dan mempresentasikan Artikel jurnal ilmiah |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian artikel 2. Jenis-jenis
artikel 3. Macam-macam
artikel |
5% |
||||||
12 |
Mahasiswa
memahami Menulis Makalah |
Mampu
menjelaskan dan mempresentasikan Menulis Makalah |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian
makalah 2. Ciri-ciri
makalah 3. Jenis-jenis
makalah 4. Cara menyusun
makalah 5. Koreksi akhir
makalah 6. Sistematika
penulisan makalah 7. Teknik kutipan
dalam penulisan 8. Format kutipan
dalam penulisan |
5% |
||||||
13 |
Mahasiswa
memahami Menulis Resensi |
Mampu
menjelaskan dan mempresentasikan Menulis Resensi |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian
resensi 2. Tujuan menulis
resensi 3. Sasaran resensi 4. Unsur-unsur
resensi 5. Prinsip-prinsip
dasar resensi 6. Langkah-langkah
membuat resensi |
5% |
||||||
14 |
Mahasiswa
memahami Menulis Proposal Penelitian |
Mampu
menjelaskan dan mempresentasikan Menulis Proposal Penelitian |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian
proposal 2. Tujuan
pengajuan proposal 3. Jenis-jenis
proposal 4. Sistematika
penyusunan proposal penelitian |
5% |
||||||
15 |
Mahasiswa
memahami menulis skripsi |
Mampu
menjelaskan dan mempresentasikan
menulis skripsi |
Keaktivan
mahasiswa Non test |
Diskusi dan
ceramah |
1. Pengertian
skripsi 2. Karakteristik
skripsi 3. Sistematika
penulisan skripsi 4. Teknik
penulisan skripsi, tesis dan disertasi 5. Tujuan, fungsi,
dan sifat-sifat skripsi |
|
||||||
16 |
UAS |
|
20% |
|||||||||
Ketentuan
Perkuliahan; 1. Perkuliahan
menggunakan daring 2. Setiap
mahasiswa mempresentasikan materi/pokok bahasan dengan kelompok sebagai tugas
terstruktur 3. Setiap
mahasiswa membuat analisis kritis dengan nalar berpikirnya masing-masing dari
materi/pokok bahasan sebagai tugas mandiri 4. Tugas
terstruktur dibuat makalah dengan kertas A4, spasi 1,5 font timen new roman,
margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3 dengan susunan (cover, kata
pengantar, daftar isi, pendahuluan, teori, pembahasan dan kesimpulan) 5. Tugas
mandiri dibuat narasi dua halaman kertas A4 dengan spasi 1,5 font times new
roman, margin atas 4, kiri 4, bawah 3 dan kanan 3 6. Dikirikmkan
ke GCR (google classroom) 7. UTS
akan dilaksanakan dengan aplikasi blog. 8. UAS
akan dilaksanakan dengan google form 9. Kehadiran
5%, tugas mandiri 15%, tugas terstruktur 15%, UTS 25% dan UAS 40% |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar