IAIN
SYEKH NURJATI
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
||||||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
||||||||||||||
MATA
KULIAH
|
Kode
|
Rumpun MK
|
Bobot (sks)
|
Semester
|
Tanggal
Penyusunan
|
|||||||||
PERBANDINGAN PENDIDIKAN
|
Mata
kuliah Umum
|
2
|
Ganjil
|
19-09-2019
|
||||||||||
Otoritas
|
Dosen Pengampu
|
Gugus Mutu Jurusan
|
Ketua Jurusan MPI
|
|||||||||||
Imam Sibaweh, M.Pd
|
Ahmad Amin Mubarok, M.Pd
|
Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran
|
CPL
Prodi
|
|||||||||||||
1
|
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan
IPTEK pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi
terhadap situasi yang dihadapi
|
|||||||||||||
2
|
Mampu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan
dan menilai aspek-aspek peserta didik, ketenagaan, kurikulum, sasaran,
keuangan, perpustakaan dan hubungan masyarakat ang berlandaskan etika nilai-nilai Islam
|
|||||||||||||
3
|
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan
konsep teoritis bagian khusus
dalam bidang pengetahuan secara mendalam, serta mampu
memformulasikan penyelesaian maslah procedural
|
|||||||||||||
4
|
Menguasai pengetahuan prinsip-prinsip dasar dan pengembangan
teknologi serta perangkat pembelajaran bidang keilmuan manajemen pendidikan
secara kompe-rensif dan integrative dengan ilmu keIslaman.
|
|||||||||||||
CP-MK
|
||||||||||||||
M1
|
Sikap (Attitude)
Mahasiswa dapat dibina untuk
menerima konsep dan nilai yang terkandung dalam mata kuliah perbandingan
pendidikan.
|
|||||||||||||
M2
|
Pengetahuan (Knowledge)
Mahasiswa mampu memahami dan
mengaplikasikan mata kuliah perbandingan pendidikan.
|
|||||||||||||
M3
|
Keterampilan (Skills)
Mahasiswa mampu berprilaku
sesuai dengan makna yang terkandung pada ranah pengetahuan dan sikap.
|
|||||||||||||
Deskripsi
Mata Kuliah
|
Mahasiswa
dapat mengetahui, memahami, menerapkan, menerima nilai-nilai dan berprilaku
sesuai dengan kandungan mata
kuliah perbandingan pendidikan.
|
|||||||||||||
Materi
/Pokok Bahasan
|
1. Pengenalan Perkuliahan
2. Pendidikan di Mesir
3. Pendidikan di Arab Saudi
4. Pendidikan di Irak dan Iran
5. Pendidikan di Turki
6. Pendidikan di Malaysia
7. Pendidikan di Italia
8. UTS
9. Pendidikan di India
10. Pendidikan di Belanda
11. Pendidikan di Jepang
12. Pendidikan di Jerman
13. Pendidikan di Kanada
14. Pendidikan di Amerika Serikat
15. Pendidikan di China
16. UAS
|
|||||||||||||
Referensi
|
||||||||||||||
Drs. Abd. Rachman Assegaf,
M.A (2003) Internasionalisasi Pendidikan, Yogyakarta: Gama Media
|
||||||||||||||
Pendukung
|
||||||||||||||
Mg ke-
|
Sub-CP-MK
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Metode Pembelajaran
|
Pokok Pembahasan
|
Bobot
penilaian (%)
|
||||||||
1.
|
Introducing mata kuliah
|
Kesiapan mahasiswa menjadi narasumber perkuliahan
pada setiap pertemuan
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pengenalan Perkuliahan
|
|||||||||
2.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Mesir
|
Mahasiswa mampu menjelaskn konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Mesir
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Mesir
|
|||||||||
3.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Saudi Arabia
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Saudi Arabia
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Arab Saudi
|
|||||||||
4.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Irak dan Iran
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Irak dan Iran
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Irak dan Iran
|
|||||||||
5.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Turki
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Turki
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Turki
|
|||||||||
6.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Malaysia
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Malaysia
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Malaysia
|
|||||||||
7.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Italia
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Italia
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Italia
|
|||||||||
8.
|
UTS
|
|||||||||||||
9.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di India
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di India
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di India
|
|||||||||
10.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Belanda
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Belanda
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Belanda
|
|||||||||
11.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Jepang
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Jepang
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Jepang
|
|||||||||
12.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Jerman
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Jerman
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Jerman
|
|||||||||
13.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Kanada
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Kanada
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Kanada
|
|||||||||
14.
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep, karakteristik dan perkembangan pendidikan di Amerika Serikat
|
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, karakteristik dan
perkembangan pendidikan di Amerika Serikat
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pendidikan di Amerika Serikat
|
|||||||||
15. 15.
|
Mahasiwa memahami konsep dan
mengaplikasikan materi pendidikan di China
|
Mahasiwa menjelaskan konsep dan mengaplikasikan
materi pendidikan di China
|
Keaktivan dan Non tes
|
Ekspositori dan Inkuiri
|
Pendidikan di China
|
|||||||||
16.
|
UAS
|
Senin, 09 September 2019
RPS PERBANDINGAN PENDIDIKAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
-
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
-
IAIN SYEKH NURJATI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM RENCANA PEMB...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar