Senin, 09 September 2019

RPS TKTI

IAIN SYEKH NURJATI
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH
Kode
Rumpun MK
Bobot (sks)
Semester
Tanggal Penyusunan
TEKNIK KARYA TULIS ILMIAH

Mata kuliah Umum
2
Ganjil
19-09-2019
Otoritas
Dosen Pengampu
Gugus Mutu Jurusan
Ketua Jurusan MPI




Imam Sibaweh, M.Pd




Ahmad Amin Mubarok, M.Pd





Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd


Capaian Pembelajaran
CPL Prodi
1
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEK pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
2
Mampu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan dan menilai aspek-aspek peserta didik, ketenagaan, kurikulum, sasaran, keuangan, perpustakaan dan hubungan masyarakat  ang berlandaskan etika nilai-nilai Islam
3
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian maslah procedural
4
Menguasai pengetahuan prinsip-prinsip dasar dan pengembangan teknologi serta perangkat pembelajaran bidang keilmuan manajemen pendidikan secara kompe-rensif dan integrative dengan ilmu keIslaman.
CP-MK
M1
1.      Menguasai penulisan secara baik dan benar
2.      Mampu membedakan antara berbagai literasi penulisa
M2
1.      Menjabarkan pengertian makalah, tugas akhir dan skripsi
2.      Menguasai perbedaan masing-masing karya ilmiah
M3
Bisa menggunakan dan menerapkan karya tulisa ilmiah yang tepat.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait penulisan yang benar, bisa membedakan berbagai literasi ilmiah, baik makalah, tugas akhir, skirpsi, tesis dan disertai, dan bisa mempraktekkannya dalam kasanah keilmuan perguruan tinggi.
Materi /Pokok Bahasan
1.      Pengantar Perkuliahan
2.      Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman)
3.      Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)
4.      Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)
5.      Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)
6.      Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial)
7.      Menulis Esai (dalman)
8.      UTS
9.      Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman)
10.  Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman)
11.  Menulis Makalah (dalman)
12.  Menulis Resensi (dalman)
13.  Menulis Proposal Penelitian (dalman)
14.  Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman)
15.  Menulis Skripsi (dalman)
16.  UAS
Referensi
Utama

Dalman. (2016). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.
Tanjung dan Ardial. (2015). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarat: Prenadamedia Grup
Pendukung

Mg ke-
Sub-CP-MK
Indikator
Kriteria & Bentuk Penilaian
Metode Pembelajaran
Pokok Pembahasan
Bobot penilaian (%)
1.       
Mahasiswa memahami konsep perkuliahan
Kesiapan mahasiswa menjadi narasumber perkuliahan pada setiap pertemuan
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Pengantar Perkuliahan

2.       
Mahasiswa memahami  Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman)
Mampu menjabarkan konsep  Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman)

3.       
Mahasiswa memahami   Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)
Mampu menjelaskan dan menjabarkan mahasiswa  Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)

4.       
Mahasiswa memahami  Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)
Mampu menjelaskan dan mengembangan  Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)

5.       
Mahasiswa memahami pengembangan  Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)
Mampu menjelaskan dan menjabarkan  Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)

6.       
Mahasiswa memahami  Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial)
Mampu menjelaskan dan menjabarkan   Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial)

7.       
Mahasisiwa memahami   Menulis Esai (dalman)
mampu menjelaskan dan menjabarkan   Menulis Esai (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Menulis Esai (dalman)

8.       
UTS

9.       
Mahasiswa memahami   Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman)
Mampu menjelaskan dan menjabarkan  Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman)

10.   
Mahasiswa memahami   Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman)
Mampu menjelaskan dan menjabarkan   Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman)

11.   
Mahasiswa memahami   Menulis Makalah (dalman)
Mampu menjelaskan dan menjabarkan  Menulis Makalah (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Menulis Makalah (dalman)

12.   
Mahasiswa memahami   Menulis Resensi (dalman)
Mampu menjelaskan dan  Menulis Resensi (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Menulis Resensi (dalman)

13.   
Mahasiswa memahami  Menulis Proposal Penelitian (dalman)
Mampu menjelaskan  Menulis Proposal Penelitian (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Menulis Proposal Penelitian (dalman)

14.   
Mahasiswa memahami  Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman)
Mampu menjelaskan  Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman)
Keaktivan dan non tes
Ekspositori dan inkuiri
Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman)

15.  15.
Mahasiswa memahani  Menulis Skripsi (dalman)
Mampu menjelaskan  Menulis Skripsi (dalman)
Keaktivan dan Non tes
Ekspositori dan Inkuiri
Menulis Skripsi (dalman)

16.   
UAS



















Tidak ada komentar:

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Administrasi dan Supervisi Pendidikan