|
IAIN
SYEKH NURJATI
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
|||||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
|
||||||||||||||
MATA
KULIAH
|
Kode
|
Rumpun MK
|
Bobot (sks)
|
Semester
|
Tanggal
Penyusunan
|
|||||||||
TEKNIK KARYA TULIS ILMIAH
|
|
Mata
kuliah Umum
|
2
|
Ganjil
|
19-09-2019
|
|||||||||
Otoritas
|
Dosen Pengampu
|
Gugus Mutu Jurusan
|
Ketua Jurusan MPI
|
|||||||||||
Imam Sibaweh, M.Pd
|
Ahmad Amin Mubarok, M.Pd
|
Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran
|
CPL
Prodi
|
|||||||||||||
1
|
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEK
pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap
situasi yang dihadapi
|
|||||||||||||
2
|
Mampu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan
dan menilai aspek-aspek peserta didik, ketenagaan, kurikulum, sasaran,
keuangan, perpustakaan dan hubungan masyarakat ang berlandaskan etika nilai-nilai Islam
|
|||||||||||||
3
|
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan
konsep teoritis bagian khusus
dalam bidang pengetahuan secara mendalam, serta mampu
memformulasikan penyelesaian maslah procedural
|
|||||||||||||
4
|
Menguasai pengetahuan prinsip-prinsip dasar dan pengembangan
teknologi serta perangkat pembelajaran bidang keilmuan manajemen pendidikan
secara kompe-rensif dan integrative dengan ilmu keIslaman.
|
|||||||||||||
CP-MK
|
||||||||||||||
M1
|
1. Menguasai penulisan secara baik dan benar
2. Mampu membedakan antara berbagai literasi penulisa
|
|||||||||||||
M2
|
1. Menjabarkan pengertian makalah, tugas akhir dan skripsi
2. Menguasai perbedaan masing-masing karya ilmiah
|
|||||||||||||
M3
|
Bisa menggunakan dan menerapkan karya tulisa ilmiah yang tepat.
|
|||||||||||||
Deskripsi
Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait
penulisan yang benar, bisa membedakan berbagai literasi ilmiah, baik makalah,
tugas akhir, skirpsi, tesis dan disertai, dan bisa mempraktekkannya dalam
kasanah keilmuan perguruan tinggi.
|
|||||||||||||
Materi
/Pokok Bahasan
|
1. Pengantar Perkuliahan
2. Syarat
Menulis Karya Ilmiah (dalman)
3. Jenis
atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)
4. Tahap
Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)
5. Teknik
Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)
6. Pemakaian
Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial)
7. Menulis
Esai (dalman)
8. UTS
9. Menulis
Karya Ilmiah Populer (dalman)
10. Artikel
untuk Jurnal Ilmiah (dalman)
11. Menulis
Makalah (dalman)
12. Menulis
Resensi (dalman)
13. Menulis
Proposal Penelitian (dalman)
14. Menulis
Laporan Hasil Penelitian (dalman)
15. Menulis
Skripsi (dalman)
16. UAS
|
|||||||||||||
Referensi
|
Utama
|
|||||||||||||
|
Dalman.
(2016). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta:
Rajawali Pers.
Tanjung
dan Ardial. (2015). Pedoman Penulisan
Karya Ilmiah. Jakarat: Prenadamedia Grup
|
|||||||||||||
Pendukung
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Mg ke-
|
Sub-CP-MK
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Metode Pembelajaran
|
Pokok Pembahasan
|
Bobot
penilaian (%)
|
||||||||
1.
|
Mahasiswa memahami konsep perkuliahan
|
Kesiapan mahasiswa menjadi narasumber perkuliahan
pada setiap pertemuan
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pengantar Perkuliahan
|
|
||||||||
2.
|
Mahasiswa memahami Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman)
|
Mampu menjabarkan konsep Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Syarat
Menulis Karya Ilmiah (dalman)
|
|
||||||||
3.
|
Mahasiswa memahami Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)
|
Mampu menjelaskan dan menjabarkan mahasiswa Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Jenis
atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)
|
|
||||||||
4.
|
Mahasiswa memahami Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)
|
Mampu menjelaskan dan mengembangan Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Tahap
Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman)
|
|
||||||||
5.
|
Mahasiswa memahami pengembangan Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)
|
Mampu menjelaskan dan menjabarkan Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Teknik
Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial)
|
|
||||||||
6.
|
Mahasiswa memahami Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel
Ilmiah (tanjung dan Ardial)
|
Mampu menjelaskan dan menjabarkan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel
Ilmiah (tanjung dan Ardial)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Pemakaian
Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial)
|
|
||||||||
7.
|
Mahasisiwa memahami Menulis Esai (dalman)
|
mampu menjelaskan dan menjabarkan Menulis Esai (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Menulis
Esai (dalman)
|
|
||||||||
8.
|
UTS
|
|
||||||||||||
9.
|
Mahasiswa memahami Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman)
|
Mampu menjelaskan dan menjabarkan Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Menulis
Karya Ilmiah Populer (dalman)
|
|
||||||||
10.
|
Mahasiswa memahami Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman)
|
Mampu menjelaskan dan menjabarkan Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Artikel
untuk Jurnal Ilmiah (dalman)
|
|
||||||||
11.
|
Mahasiswa memahami Menulis Makalah (dalman)
|
Mampu menjelaskan dan menjabarkan Menulis Makalah (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Menulis
Makalah (dalman)
|
|
||||||||
12.
|
Mahasiswa memahami Menulis Resensi (dalman)
|
Mampu menjelaskan dan Menulis Resensi (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Menulis
Resensi (dalman)
|
|
||||||||
13.
|
Mahasiswa memahami Menulis Proposal Penelitian (dalman)
|
Mampu menjelaskan Menulis Proposal Penelitian (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Menulis
Proposal Penelitian (dalman)
|
|
||||||||
14.
|
Mahasiswa memahami Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman)
|
Mampu menjelaskan Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman)
|
Keaktivan dan non tes
|
Ekspositori dan inkuiri
|
Menulis
Laporan Hasil Penelitian (dalman)
|
|
||||||||
15. 15.
|
Mahasiswa memahani Menulis Skripsi (dalman)
|
Mampu menjelaskan Menulis Skripsi (dalman)
|
Keaktivan dan Non tes
|
Ekspositori dan Inkuiri
|
Menulis
Skripsi (dalman)
|
|
||||||||
16.
|
UAS
|
|
||||||||||||
Senin, 09 September 2019
RPS TKTI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
-
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
-
IAIN SYEKH NURJATI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM RENCANA PEMB...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar