| 
   | 
  
   
IAIN
  SYEKH NURJATI 
FAKULTAS
  ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN 
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM  | 
 |||||||||||||
| 
   
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
MATA
  KULIAH 
 | 
  
   
Kode 
 | 
  
   
Rumpun MK 
 | 
  
   
Bobot (sks) 
 | 
  
   
Semester 
 | 
  
   
Tanggal
  Penyusunan 
 | 
 |||||||||
| 
   
TEKNIK KARYA TULIS ILMIAH 
 | 
  
   | 
  
   
Mata
  kuliah Umum 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
Ganjil  
 | 
  
   
19-09-2019 
 | 
 |||||||||
| 
   
Otoritas 
 | 
  
   
Dosen Pengampu 
 | 
  
   
Gugus Mutu Jurusan 
 | 
  
   
Ketua Jurusan MPI 
 | 
 |||||||||||
| 
   
Imam Sibaweh, M.Pd 
 | 
  
   
Ahmad Amin Mubarok, M.Pd 
 | 
  
   
Dr. H. Taqiyuddin, M.Pd 
 | 
 ||||||||||||
| 
   
Capaian Pembelajaran 
 | 
  
   
CPL
  Prodi 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEK
  pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap
  situasi yang dihadapi 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
2 
 | 
  
   
Mampu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan
  dan menilai aspek-aspek peserta didik, ketenagaan, kurikulum, sasaran,
  keuangan, perpustakaan dan hubungan masyarakat  ang berlandaskan etika nilai-nilai Islam 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
3 
 | 
  
   
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan
  konsep teoritis bagian khusus
  dalam bidang pengetahuan secara mendalam, serta mampu
  memformulasikan penyelesaian maslah procedural 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
4 
 | 
  
   
Menguasai pengetahuan prinsip-prinsip dasar dan pengembangan
  teknologi serta perangkat pembelajaran bidang keilmuan manajemen pendidikan
  secara kompe-rensif dan integrative dengan ilmu keIslaman. 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
CP-MK 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
M1 
 | 
  
   
1.      Menguasai penulisan secara baik dan benar 
2.      Mampu membedakan antara berbagai literasi penulisa 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
M2 
 | 
  
   
1.      Menjabarkan pengertian makalah, tugas akhir dan skripsi 
2.      Menguasai perbedaan masing-masing karya ilmiah 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
M3 
 | 
  
   
Bisa menggunakan dan menerapkan karya tulisa ilmiah yang tepat. 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
Deskripsi
  Mata Kuliah 
 | 
  
   
Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait
  penulisan yang benar, bisa membedakan berbagai literasi ilmiah, baik makalah,
  tugas akhir, skirpsi, tesis dan disertai, dan bisa mempraktekkannya dalam
  kasanah keilmuan perguruan tinggi. 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
Materi
  /Pokok Bahasan 
 | 
  
   
1.      Pengantar Perkuliahan 
2.      Syarat
  Menulis Karya Ilmiah (dalman) 
3.      Jenis
  atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman) 
4.      Tahap
  Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman) 
5.      Teknik
  Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial) 
6.      Pemakaian
  Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial) 
7.      Menulis
  Esai (dalman) 
8.      UTS 
9.      Menulis
  Karya Ilmiah Populer (dalman) 
10.  Artikel
  untuk Jurnal Ilmiah (dalman) 
11.  Menulis
  Makalah (dalman) 
12.  Menulis
  Resensi (dalman) 
13.  Menulis
  Proposal Penelitian (dalman) 
14.  Menulis
  Laporan Hasil Penelitian (dalman) 
15.  Menulis
  Skripsi (dalman) 
16.  UAS 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
Referensi 
 | 
  
   
Utama 
 | 
 |||||||||||||
| 
   | 
  
   
Dalman.
  (2016). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta:
  Rajawali Pers. 
Tanjung
  dan Ardial. (2015). Pedoman Penulisan
  Karya Ilmiah. Jakarat: Prenadamedia Grup 
 | 
 |||||||||||||
| 
   
Pendukung 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   | 
 ||||||||||||||
| 
   
Mg ke- 
 | 
  
   
Sub-CP-MK  
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Kriteria & Bentuk Penilaian 
 | 
  
   
Metode Pembelajaran 
 | 
  
   
Pokok Pembahasan 
 | 
  
   
Bobot
  penilaian (%) 
 | 
 ||||||||
| 
   
1.     
    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami konsep perkuliahan  
 | 
  
   
Kesiapan mahasiswa menjadi narasumber perkuliahan
  pada setiap pertemuan 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Pengantar Perkuliahan 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
2.     
    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami  Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjabarkan konsep  Syarat Menulis Karya Ilmiah (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Syarat
  Menulis Karya Ilmiah (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
3.        
 | 
  
   
Mahasiswa memahami   Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan menjabarkan mahasiswa  Jenis atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman)  
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Jenis
  atau bentuk Karya Ilmiah (Dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
4.        
 | 
  
   
Mahasiswa memahami  Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan mengembangan  Tahap Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Tahap
  Penyusunan Karya Ilmiah (Dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
5.        
 | 
  
   
Mahasiswa memahami pengembangan  Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan menjabarkan  Teknik Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Teknik
  Penulisan Ilmiah (Tanjung dan Ardial) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
6.        
 | 
  
   
Mahasiswa memahami  Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel
  Ilmiah (tanjung dan Ardial) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan menjabarkan   Pemakaian Bahasa Indonesia dalam artikel
  Ilmiah (tanjung dan Ardial) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Pemakaian
  Bahasa Indonesia dalam artikel Ilmiah (tanjung dan Ardial) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
7.        
 | 
  
   
Mahasisiwa memahami   Menulis Esai (dalman)  
 | 
  
   
mampu menjelaskan dan menjabarkan   Menulis Esai (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Menulis
  Esai (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
8.        
 | 
  
   
UTS 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
9.     
    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami   Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman)  
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan menjabarkan  Menulis Karya Ilmiah Populer (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Menulis
  Karya Ilmiah Populer (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
10.    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami   Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan menjabarkan   Artikel untuk Jurnal Ilmiah (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Artikel
  untuk Jurnal Ilmiah (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
11.    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami   Menulis Makalah (dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan menjabarkan  Menulis Makalah (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Menulis
  Makalah (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
12.    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami   Menulis Resensi (dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan dan  Menulis Resensi (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Menulis
  Resensi (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
13.    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami  Menulis Proposal Penelitian (dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan  Menulis Proposal Penelitian (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Menulis
  Proposal Penelitian (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
14.    
 | 
  
   
Mahasiswa memahami  Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan  Menulis Laporan Hasil Penelitian (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan inkuiri 
 | 
  
   
Menulis
  Laporan Hasil Penelitian (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
15.  15.  
 | 
  
   
Mahasiswa memahani  Menulis Skripsi (dalman) 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan  Menulis Skripsi (dalman) 
 | 
  
   
Keaktivan dan Non tes 
 | 
  
   
Ekspositori dan Inkuiri 
 | 
  
   
Menulis
  Skripsi (dalman) 
 | 
  
   | 
 ||||||||
| 
   
16.    
 | 
  
   
UAS 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
Senin, 09 September 2019
RPS TKTI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
- 
IAIN SYEKH NURJATI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM RENCANA PEMBELAJ...
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar