MK Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
Jurusan MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2019
Kelas: MPI A Semester Genap/IV
Dosen: Imam Sibaweh, M.Pd
IAIN
SYEKH NURJATI
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM |
||||||||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
|
||||||||||||||
MATA KULIAH
|
Kode
|
Rumpun MK
|
Bobot (sks)
|
Semester
|
Tanggal Penyusunan
|
|||||||||
SISTEM
PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
|
Mata kuliah Umum
|
2
|
4
|
27 Februari 2019
|
||||||||||
Otoritas
|
Dosen Pengampu
|
Gugus Mutu Jurusan
|
Ketua Jurusan MPI
|
|||||||||||
Imam Sibaweh, M.Pd
NIP.
|
Dr. Asep Kurniawan, M.Pd
NIP.
|
Dr.
H. Taqiyuddin, M.Pd
NIP.
19630522 1994031 0003
|
||||||||||||
Capaian Pembelajaran
|
CPL Prodi
|
|||||||||||||
1
|
Bagi satuan pendidikan, digunakan untuk melaksanakan
sistem penjaminan mutu pendidikan dalam pengelolaan berbasis satuan
pendidikan
|
|||||||||||||
2
|
Bagi pengelola satuan pendidikan, digunakan dalam
mengelola dan membina satuan pendidikan agar mampu menjamin mutu pendidikan.
|
|||||||||||||
3
|
Bagi penerima layanan satuan pendidikan,
dapat digunakan dalam memberikan masukan kepada satuan pendidikan dalam
meningkatkan mutu layanan.
|
|||||||||||||
4
|
Bagi pemangku kepentingan lainnya, dapat
digunakan dalam mempertimbangkan bentuk kontribusi yang dapat diberikan dalam
meningkatkan mutu pendidikan.
|
|||||||||||||
CP-MK
|
||||||||||||||
M1
|
1. Menerapkan standar nasional pendidikan dalam
pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan,
2. Menerapkan sistem penjaminan mutu internal dalam
upaya peningkatan mutu Pendidikan berkelanjutan.
|
|||||||||||||
M2
|
1. Mengembangkan kegiatan yang dapat mendorong semua
komponen satuan pendidikan terlibat dalam penjaminan mutu pendidikan
2. Mengembangkan kerjasama antara satuan
pendidikan dengan masyarakat dan lembaga/instansi dalam rangka pelaksanaan
penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan
|
|||||||||||||
M3
|
||||||||||||||
Deskripsi Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini memberikan gambaran tentang
sistem penjaminan mutu pendidikan terutama pada pendidikan dasar dan
menengah. Secara nasional, mutu pendidikan dasar dan menengah di Indonesia
belum seperti yang diharapkan. Hasil pemetaan mutu pendidikan secara nasional
pada tahun 2014 menunjukkan hanya sekitar 16% satuan pendidikan yang memenuhi
standar nasional pendidikan (SNP). Sebagian besar satuan pendidikan belum
memenuhi SNP, bahkan ada satuan pendidikan yang masih belum memenuhi standar
pelayanan minimal (SPM).
|
|||||||||||||
Materi /Pokok Bahasan
|
1. Pendahuluan
2. Penjaminan Mutu Pendidikan
3. Standard an Indikator Mutu
4. Penetapan Standar
5. Pemetaan Mutu
6. Penyusunan Rencana Pemenuhan
7. Implementasi Pemenuhan Mutu
8. UTS
9. Evaluasi/Audit Mutu
10. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
11. Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah
12. Sistem Penjaminan Mutu Eksternal Pendidikan Dasar dan Menengah
13. Sistem Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
14. Sistem Informasi Penjaminan Mutu Pendidikan
15. Sekolah Berpenampilan Unggul
16. UAS
|
|||||||||||||
Referensi
|
Utama
|
|||||||||||||
1. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan Dasar dan Menengah (Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan
Menengah 2016)
2. Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan
Mutu Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan (Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
dan Menengah 2017)
|
||||||||||||||
Pendukung
|
||||||||||||||
1.
Fattah,
Nanang. (2013). Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan dalam Konteks Penerapan MBS. Bandung: Rosda Karya
|
||||||||||||||
Mg ke-
|
Sub-CP-MK
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk Penilaian
|
Metode Pembelajaran
|
Pokok Pembahasan
|
Bobot penilaian (%)
|
||||||||
1
|
Mahasiswa memahami perkuliahan
system penjaminan mutu, mengerti SPMI dan SPME
|
Kesiapan mahasiswa untuk menjadi
narasumber materi setiap pertemuan
|
Keaktivan mahasiswa
Non Test
|
Diskusi dan ceramah
|
Sistem Penjaminan Mutu yang
dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu
Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI
dilaksanakan oleh satuan pendidikan, sedangkan SPME dilaksanakan oleh
institusi di luar satuan pendidikan seperti pemerintah pusat, pemerintah
daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan, dan Badan Akreditasi
Sekolah/Madrasah.
|
|||||||||
2
|
Mahasiswa mengerti acuan utama
system penjaminan mutu berdasarkan SNP
|
Mampu mempresentasikan acuan penjaminan mutu
pendidikan berdasarkan SNP
|
Keaktivan
Non Test
|
Diskusi dan ceramah
|
Acuan utama sistem penjaminan mutu
pendidikan dasar dan menengah adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang
ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Standar Nasional Pendidikan
(BSNP).
|
|||||||||
3
|
Mahasiswa memahami delapan standar
|
Mampu mempresentasikan delapan standar
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
Standar Kompetensi Lulusan; Standar Isi; Standar
Proses; Standar Penilaian; Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Standar
Pengelolaan; Standar Sarana dan Prasarana; dan Standar Pembiayaan
|
|||||||||
4
|
Mahasiswa memahami standard mutu dalam
melaksanakan penjaminan mutu pendidikan
|
Mahasiswa mampu memprsesntasikan standar mutu
penjamian mutu pendidikan
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
memiliki standar mutu sebagai landasan dalam
melaksanakan penjaminan mutu pendidikan. Sesuai dengan Undang-Undang No. 20
Tahun 2003, SNP adalah kriteria minimal dalam menyelenggarakan pendidikan.
Satuan Pendidikan dapat menetapkan standar di atas SNP apabila
penyelenggaraan pendidikan telah memenuhi seluruh kriteria dalam SNP.
|
|||||||||
5
|
Mahasiswa memahami memetakan mutu pendidikan
|
Mampu mempresentasikan pemetaan mutu
pendidikan
|
Keaktiva
Mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
memetakan mutu pendidikan pada satuan
pendidikan berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan melalui kegiatan
evaluasi diri yang menghasilkan peta mutu (capaian standar), masalah yang
dihadapi dan rekomendasi;
|
|||||||||
6
|
Mahasiswa mampu membuat perencanaan pemenuhan
mutu pendidikan berdasarkan hasil pemetaan mutu
|
Mampu mempresentasikan perencanaan pemenuhan
mutu pendidikan berdasarkan pemetaan mutu pendidikan
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
membuat perencanaan pemenuhan mutu
berdasarkan hasil pemetaan mutu, dokumen kebijakan pendidikan pada level
nasional, daerah dan satuan pendidikan serta rencana strategis pengembangan
satuan pendidikan. Hasil perencanaan
dituangkan dalam dokumen perencanaan satuan pendidikan serta rencana aksi
kegiatan
|
|||||||||
7
|
Mahasiswa memahami pemenuhan mutu dalam
pengelolaan satuan pendidikan dan kegiatan proses pembelajaran
|
Mampu mempresentasikan pemenuhan mutu dalam
pengelolaan pendidikan dan kegiatan proses pembalajaran
|
keaktivan mahasiswa
non test
|
Diskusi dan ceramah
|
melaksanakan pemenuhan mutu dalam pengelolaan
satuan pendidikan dan kegiatan proses pembelajaran sesuai hasil perencanaan
sehingga standar dapat tercapai;
|
|||||||||
8
|
UTS
|
Test tulis
Menggunakan blog
|
||||||||||||
9
|
Mahasiswa memahami pengendalian terhadap proses
pelaksanaan pemenuhan mutu
|
Mampu mempresentasikan pengendalian terhadap
proses pemenuhan mutu
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
melakukan
pengendalian terhadap proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan
sesuai dengan perencanaan yang disusun untuk menjamin kepastian terjadinya
peningkatan mutu yang berkelanjutan
|
|||||||||
10
|
Mahasiswa memahami sistem penjaminan mutu
secara umum
|
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem
penjaminan mutu secara umum
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
Bab ini berisikan penjelasan tentang Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan Dasar dan Menengah secara umum. Pada Bab ini diuraikan pengertian,
tujuan, dan fungsi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah ;
komponen sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah; siklus sistem
penjaminan mutu pendidikan; serta acuan yang digunakan dalam implementasi
sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Pada bagian ini dibahas
juga pembagian tugas dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan
serta luaran sebagai hasil dari implementasi sistem penjaminan mutu
pendidikan
|
|||||||||
11
|
Mahasiswa memahami sistem penjaminan mutu
internal pendidikan dasar dan menengah
|
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem
penjaminan mutu internal pendidikan dasar dan menengah
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
Bab ini menjelaskan tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal
Pendidikan Dasar dan Menengah. Pada bagian ini dibahas pengertian, prinsip,
tujuan dan cakupan, serta siklus sistem penjaminan mutu internal pendidikan
dasar dan menengah. Selanjutnya pada Bab ini juga dibahas indikator dan
faktor penentu keberhasilan implementasi sistem penjaminan mutu internal di
satuan pendidikan dasar dan menengah, serta organisasi dan dokumen yang
digunakan dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan
menengah.
|
|||||||||
12
|
Mahasiswa memahami sistem penjaminan mutu
eksternal pada pendidikan dasar dan menengah
|
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem
penjaminan mutu eksternal pada pendidikan dasar dan menengah
|
Diskusi dan ceramah
|
Bab ini berisi penjelasan tentang sistem penjaminan mutu eksternal
pada pendidikan dasar dan menengah. Pada Bab ini dibahas pengertian, prinsip,
tujuan, dan fungsi sistem penjaminan mutu eksternal pada pendidikan dasar dan
menengah, siklus penjaminan mutu eksternal, dan pembagian tugas dalam
implementasi sistem penjaminan mutu eksternal.
|
||||||||||
13
|
Mahasiswa memahami secara lebih mendalam
tentang pemetaan mutu pendidikn dasar dan menengah
|
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan
pemetaan mutu lebih konkret pada pendidikan dasar dan menengah
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
Bab 5 berisi penjelasan tentang sistem pemetaan mutu pendidikan
sebagai sub-komponen penting penentu keberhasilan sistem penjaminan mutu
pendidikan. Pada Bab ini diuraikan tentang pengertian, tujuan, dan mekanisme
implementasi sistem pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah. Selain itu
Bab ini juga berisi uraian tentang pengembangan peta mutu dan pemanfaatan
peta mutu pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar dan
menengah
|
|||||||||
14
|
Mahasiswa memahami sistem informasi
penjaminan mutu sebagai penunjang
penunjang dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar
dan menengah
|
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan sistem
informasi penjaminan mutu pendidikan sebagai penunjang dalam implementasi
sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
Bab ini berisi penjelasan tentang sistem informasi penjaminan mutu
pendidikan sebagai penunjang dalam implementasi sistem penjaminan mutu
pendidikan dasar dan menengah, baik internal maupun eksternal. Pada bagian
ini diuraikan pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, serta jenis data dan
informasi yang ada dalam sistem informasi penjaminan mutu dasar dan menengah.
Pada bagian ini dibahas juga kelembagaan sistem informasi penjaminan mutu
pendidikan dan tata cara pengumpulan data dan informasi terkait pemetaan mutu
pendidikan dasar dan menengah.
|
|||||||||
15
|
Mahasiswa memahami kemandirian dan
kreativitas pada perbaikan proses pendidikan
|
Mampu menjelaskan dan mempresentasikan
kemandirian dan kreativitas proses pendidikan
|
Keaktivan mahasiswa
Non test
|
Diskusi dan ceramah
|
Membangun kemandirian dan kreativitas sekolah
yang berfokus pada perbaikan proses pendidikan
|
|||||||||
16
|
UAS
|
|||||||||||||
12 komentar:
Kelompok 1:
1. Devi Rosdiana Dewi
2. Bagus Adi Sutofo
3. Ahmad Samsudin
Kelompok 4:
1. Dini eka sabrina
2. Putri selyana
3. Ahmad dhoefan
Kelompok 3:
1.Krisna Wiacih
2.Siti Nurlaela
3.Mindya Agisfiani
Kelompok 5:
-Khoridatul Bahiyah
-Fita Ayu Febriyani
-Widdy Yos. F
Kelompok 2 :
1. Anissa Tul Jannah
2. Vera Farhatun
3. Nuril Fazriyah
Kelompok 13 :
Adrian Fauzi Rahman
Rita Rizkiana Dewi
Kelompok 11:
Khusnul Khotimah
Delia Puspitasari
Kel.6 : -Dini Naseha
-Nurul Nurhasanah
-Rizki Ramadhan
Kelompok 12
Nama anggota: Olivia Pramesti dan Rizka Putri Yuniasari
Kelompok 9:
-ismatul maula
- siti julaekha
-nita rosita
Kelompok 8:
-windi
-dewi amanda putri
-Nurul alfiyani
Kelompok 11
- luqyana salsabila
- livia mutiara hawa
Posting Komentar